ALASAN TIDUR SIANG DIANJURKAN

Anda mungkin sudah terbiasa dengan perasaan kantuk yang luar biasa pada siang hari. Sudah menjadi hal yang umum mengantuk terjadi, kantuk disebabkan oleh penurunan alami dalam kewaspadaan sekitar jam 13.00-15.00.

Jadi, apabila Anda sedang melawan tidur di pertengahan hari, dan berada di suatu tempat di mana bisa tidur siang, maka sebaiknya lakukanlah. Meluangkan waktu untuk tidur sebentar akan mengurangi kantuk segera, dan memperbaiki kewaspadaan selama beberapa jam setelah bangun tidur.

Dilansir dari laman Science Alert Sabtu (3/2), Orang tidur siang karena banyak alasan, beberapa diantaranya adalah, untuk mengejar ketinggalan tidur, dalam mengantisipasi tidur yang nyenyak untuk menghindari mengantuk di kemudian hari, kesenangan, maupun melewatkan kebosanan.

Tingkat tidur lebih besar di negara-negara seperti Yunani, Brasil dan Meksiko yang memiliki budaya tidur siang, menggabungkan waktu tenang pada sore hari untuk orang-orang pulang ke rumah tidur siang. Di negara-negara tersebut, hingga 72 persen orang akan tidur siang sesering empat kali setiap pekan.

Tidur siang tidak hanya bermanfaat karena membuat seseorang merasa lebih sedikit mengantuk, dan waspada. Akan tetapi juga karena memperbaiki fungsi kognitif, waktu reaksi, ingatan jangka pendek dan bahkan mood.

Penelitian telah menemukan, mereka yang secara teratur tidur merasa lebih waspada setelah tidur siang di sore hari, apabila dibandingkan dengan mereka yang hanya tidur siang sesekali.

Kelompok penelitian lain menemukan bahwa, pembelajaran motorik, di situlah jalur otak berubah dalam menanggapi pembelajaran keterampilan baru, secara signifikan lebih besar setelah tidur siang singkat.

Sebenarnya, keseluruhan manfaat tidur siang sama dengan yang dialami setelah mengonsumsi kafein atau obat perangsang lainnya. Namun, tanpa efek samping ketergantungan kafein, dan kemungkinan tidur terganggu pada malam hari.

Di samping itu, jumlah waktu yang Anda habiskan untuk tidur siang sangat tergantung pada jam yang tersedia. Secara umum, semakin lama tidur siang, semakin lama Anda akan merasa diremajakan setelah bangun tidur.

Tidur satu sampai dua jam di siang hari akan berarti Anda lebih kurang untuk merasa mengantuk, dan membutuhkan lebih sedikit tidur pada malam itu. Jika Anda berencana untuk tetap tidur lebih lambat dari biasanya, waktu tidur siang bisa dihabiskan selama sekitar 1,5 jam. Bangun saat tidur nyenyak akan membuat Anda merasa segar, dan waspada. Namun, terbangun saat tidur nyenyak tidak akan membuat lebih segar.

Pilihan lainnya adalah memiliki tidur sebentar. Tidur siang singkat 10-15 menit dapat secara signifikan memperbaiki kewaspadaan, kinerja kognitif dan suasana hati segera setelah terbangun. Manfaat biasanya berlangsung selama beberapa jam.

Daya tidur siang sangat besar, karena Anda tidak akan mengalami perasaan lamban atau mengantuk setelah bangun tidur. Ini karena Anda tidak memasuki tidur nyenyak selama waktu singkat ini. Penelitian menunjukkan, tidur siang yang singkat, awal hingga pertengahan siang memberikan peremajaan terbaik bila dibandingkan dengan tidur siang pada waktu lain hari. Namun, jika sedang berjuang untuk tetap terjaga, tidur singkat yang diambil setiap saat bisa membantu membuat Anda waspada.

Sumber : republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi