ANEMIA SAAT HAMIL? HINDARI BAYAM

Pile of baby spinachKetika Anda mengalami anemia saat hamil, janin akan kekurangan sel darah merah dan bisa memicu keguguran. Ada beberapa makanan yang harus dihindari oleh perempuan hamil yang mengalami anemia.

Makanan yang bisa mengurangi kadar zat besi dalam tubuh sebaiknya dihindari. Inilah beberapa makanan yang harus dihindari dikutip dari parentsindonesia.com.

Kopi
Tidak diragukan lagi kopi tidak baik dikonsumsi selama kehamilan. Tetapi masih ada beberapa perempuan hamil yang minum kopi dalam jumlah sedikit. Kopi harus dihindari karena bisa menyerap zat besi dalam tubuh.

Tahu
Mungkin ada yang berpendapat bahwa kedelai kaya akan zat besi. Namun kedelai yang telah difermentasi harus dihindari karena mengandung asam fitat yang bisa menurunkan kadar zat besi dalam darah.

Bayam
Kandungan asam oksalat dalam bayam tidak baik karena mampu menyerap semua zat besi dalam tubuh perempuan hamil. Memang benar bayam kaya akan zat besi. Tapi zat besi bayam tidak pernah cukup memenuhi kebutuhan janin.

Gula
Perempuan hamil yang mengalami anemia harus menghindari makanan yang mengandung jumlah gula yang tinggi. Gula yang terdapat pada makanan akan mengurangi kadar zat besi dalam tubuh.

Minuman ringan
Minuman berwarna, bersoda, dan minuman yang katanya bisa mengatasi masalah kehausan harus dihindari selama kehamilan. Minuman ringan memiliki kandungan asam yang bisa menurunkan kadar zat besi dalam tubuh.

Hati
Penikmat jeroan harus berpikir ulang untuk menyantap hati saat hamil. Memang hati dikenal kaya akan zat besi. Namun hati dapat mengurangi jumlah asam folat dalam tubuh. Asam folat adalah zat yang paling dibutuhkan saat hamil.

Sumber: republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi