SERUNYA BERPANEN DI KEBUN SEKOLAH SD JUARA PEKANBARU

PEKANBARU. ASYIKNYA BERPANEN DI KEBUN SEKOLAH SD JUARA PEKANBARUSekolah sebagai lembaga formal pendidikan merupakan tempat yang menjadi gudang pembelajaran bagi para siswanya, tidak hanya yang menyangkut pembelajaran teoritis tetapi juga praktis. Diantaranya dengan mata pelajaran yang berkaitan dengan alam (red: IPA), para siswa perlu diperkenalkan pada sisi praktis di alam juga selain dengan pembelajaran teori di kelas.

Salah satu contohnya adalah dengan adanya kebun sekolah yang ada di SD Juara Pekanbaru sebagai media pembelajaran yang menyenangkan. Di kebun sekolah tersebut para siswa dapat belajar bercocok tanam, juga seluk beluk tentang tanaman yang sebelumnya mereka pelajari di kelas melalui pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam), disamping itu mereka pun dapat menikmati yang hasil tanamnya bersama dikala musim panen tiba.

“Alhamdulillah setelah 2 bulan membuat kebun kelas di SD Juara Pekanbaru, hari ini kami bisa memanfaatkan untuk dimasak. Hari ini bertepatan dengan pelajaran Pengembangan diri yang saya ajar,” ucap Bu Heny.

Kegiatan ini dimulai dengan memetik sayuran yang sudah matang dan bisa dimasak, dari hasil memetik diperoleh sekeranjang sayuran yang terdiri dari kacang panjang, kangkung dan pare. Sayuran yang telah dipetik dibersihkan terlebih dahulu sebelum dipotong, lalu dilanjutkan dengan memasak. Kegiatan tersebut langsung dikerjakan oleh para siswa SD Juara Pekanbaru.

“Kegiatan ini menumbuhkan cinta anak-anak terhadap sayuran,” ungkap bu Heny.

“Proses yang kami lakukan membuat kami tahu proses memasak sayuran dan seru, setelah masak kami lanjutkan makan bersama, Alhamdulillah anak-anak suka makan sayur salah satu penyebabnya karena mereka terlibat dan makan bersama,” pungkasnya.***

Newsroom/Muhammad Bayu Putra
Pekanbaru

Tags :
Konfirmasi Donasi