BAGAIMANA CARA MENGAJARI ANAK BERPUASA

bagaimana-cara-mengajari-anak-berpuasaBulan Ramadan akan segera tiba. Di bulan ini, umat muslim diwajibkan untuk berpuasa. Tak ada salahnya mengajarkan si kecil untuk mengenal puasa sejak dini. Bagi para orang tua, terkadang menemui kesulitan untuk mengajari anak berpuasa. Jangan khawatir, Bunda, berikut ini tips mengajarkan anak berpuasa sejak dini yang dapat Anda dan buah hati lakukan bersama-sama:

1. Menjelaskan Arti Bulan Ramadan
Menjelaskan arti bulan Ramadan bagi anak dapat dilakukan dengan cara yang menyenangkan, misalnya melalui dongeng, buku cerita ataupun buku bergambar. Dengan cara ini, anak akan lebih mudah menangkap dan memahami arti bulan suci sesuai dengan usianya.

2. Belajar Puasa Secara Bertahap
Untuk anak-anak, melaksanakan puasa penuh tentunya tidak mudah. Anda dapat mengajarkan puasa dengan cara bertahap. Misalnya, latihan untuk makan hanya di saat lapar dan tidak sampai kenyang atau puasa setengah hari sampai dhuhur. Jika anak sudah terbiasa, ia akan kuat berpuasa sampai maghrib.

3. Melibatkan Anak Secara Langsung
Mengajak si kecil untuk mempersiapkan makanan saat berbuka dan sahur atau mengajak tarawih bersama dapat menjadi cara melibatkan anak secara langsung untuk memaknai bulan suci ini. Orang tua wajib memberi contoh yang baik untuk anak, misalnya dengan tidak mengeluh tentang beratnya berpuasa. Aktivitas yang menyenangkan dan tanpa beban akan membantu anak menjalani bulan puasa dengan mudah.

Mengajarkan tentang puasa pada anak sejak dini penting dilakukan agar anak mengenal apa dan bagaimana puasa itu. Apakah Anda punya tips dan pengalaman mengajarkan anak berpuasa? Yuk bagikan pengalaman Anda dalam kolom komentar berikut ini.

Sumber: vemale.com

Tags :
Konfirmasi Donasi