BAHAN ALAMI UNTUK KESEHATAN GIGI

Merawat kesehatan gigi dan mulut sangat penting karena bagian tubuh itu mudah terlihat oleh orang lain. Ada sejumlah bahan alami yang diklaim mampu membantu merawat kesehatan gigi dan mulut. Apa saja bahan itu?

Pakar kesehatan gigi dan mulut, drg Ratu Mirah Afifah GCClinDent MDSc, mengatakan daun sirih dan garam termasuk kandungan bahan-bahan alami yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Keduanya merupakan bahan anti kuman yang dapat merawat gigi dan mulut tetap sehat.

Menurutnya, daun sirih sudah terbukti merupakan anti bakteri dan anti inflamasi yang manjur. Dengan daun sirih, karies atau lubang gigi bisa berkurang.

“Radang gusi juga bisa teratasi,” ujar Division Head for Health & Wellbeing and Professional Institutions Yayasan Unilever Indonesia.

Sementara itu, garam dapat dimanfaatkan sebagai obat kumur alami. Garam mampu membuat keadaan rongga mulut menjadi basa sehingga menjaga kondisi mulut tidak asam yang menimbulkan bau mulut.

Selain dua bahan itu, jeruk nipis juga dikenal dapat memberikan rasa segar. Ketiga bahan ini sebenarnya sudah terkandung dalam pasta gigi yang ada di pasaran. Hanya saja kandungannya berbeda-beda, ada yang hanya satu bahan alami, ada juga yang mengandung ketiganya.

Bagaimana dengan pasta gigi yang mengandung flouride? Kabarnya, flouride berbahaya. Namun, Mirah membantahnya. Bahkan, WHO menganjurkan pasta gigi mengandung flouride.

“Flouride merupakan salah satu bahan untuk mengurangi terjadinya gigi berlubang,” ujarnya.

Sumber: republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi