BAHAYA TIDUR DENGAN PONSEL

Sebagian orang merasakan ponsel sebagai kebutuhan utama mereka. Bahkan, tak jarang menatap layar ponsel hingga mengenggamnya secara terus menerus bisa dilakukan hingga malam hari. Tanpa sadar, Anda tertidur sambil tetap memegang atau berada di sebelah gawai ini.

Beberapa orang merasa bahwa hal itu dapat membantu mereka terjaga lebih mudah di pagi hari, karena alarm ponsel yang berbunyi dari dekat. Namun, tahukah Anda jika ternyata tidur berdekatan dengan ponsel berdampak negatif untuk kesehatan dan waktu istirahat malam itu sendiri?

Ada begitu banyak penelitian yang menunjukkan bagaimana menggunakan ponsel Anda tepat sebelum tidur cenderung menyebabkan masalah tidur, salah satunya kesulitan untuk tidur. Ini disebabkan yang dilihat di layar ponsel membuat otak terstimulasi, seperti misalnya Anda ingin menulis dan mengunggah sesuatu.

Ponsel yang berada dekat dengan Anda di tempat tidur membuat Anda jadi lebih mudah melihat email yan sebenarnya ditujukan untuk urusan pekerjaan, hingga percakapan dalam grupĀ chat. Lebih dari itu, melihat aktivitas dalam ponsel sebenarnya dapat meningkatkan perasaan tertekan, hingga akhirnya mengakibatkan stres dan kesulitan untuk tidur terjadi.

Bahkan, satu hal paling buruk berdasarkan penelitian adalah adanya blue light atau cahaya biru yang datang dari layar. Ini penyebab tubuh mencegah produksi melatonin yang mengatur tidur dan memungkinkan Anda dapat beristirahat dengan nyaman dan terbangun dalam keadaan segar.

sumber: republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi