BAHAYA TIDUR PAGI HARI BAGI KESEHATAN

Man sleeping in bedTidur merupakan hak tubuh kita untuk beristirahat dari melakukan segala macam aktivitas. Tahukah kita, bahwa ternyata tidur yang dilakukan pagi hari itu tidak sehat bahkan dapat mendatangkan penyakit bagi tubuh kita. Mengapa demikian? Mari simak penjelasannya.

Sakit kepala

Cairan serebrospinal bergerak ke otak ketika tidur terlalu lama. Kondisi ini, jika berlangsung dalam waktu lama dapat menyebabkan sakit kepala parah dan bahkan menyebabkan kebutaan.

Menurut para salaf, “tidur yang terlarang adalah tidur ketika selesai shalat shubuh hingga matahari terbit. Karena pada waktu tersebut adalah waktu untuk menuai ghonimah (pahala yang berlimpah). Mengisi waktu tersebut adalah keutamaan yang sangat besar, menurut orang-orang sholih. Sehingga apabila mereka melakukan perjalanan semalam suntuk, mereka tidak mau tidur di waktu tersebut hingga terbit matahari. Mereka melakukan demikian karena waktu pagi adalah waktu terbukanya pintu rizki dan datangnya barokah (banyak kebaikan).” (Madarijus Salikin, 1/459, Maktabah Syamilah)

Sulit Konsentrasi

Tidur terlalu lama membuat kita sulit berkonsentrasi dalam waktu lama. Kecuali, setelah bangun tidur langsung berolahraga. Karena metabolisme tidak bisa berhenti, otak akan membuat kita merasa lapar.

Kehilangan waktu produktif

Para ahli menganggap pagi hari adalah waktu paling produktif karena pikiran masih segar. Jika kita tidur terlalu lama maka akan kehilangan banyak waktu produktif dalam sehari. Sehingga, kita harus menyelesaikan pekerjaan sampai larut malam dengan terburu-buru.

Lesu

Tidur berlebihan akan membuat lesu, karena metabolisme masih bekerja dalam ‘set’ malam hari. Tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk memulai sistem dan tidak dapat berfungsi normal. Jika kita ingin tidur sedikit lebih lama, usahakan jangan lebih dari tiga puluh menit.

Masalah metabolisme

Jika tidur terlalu lama, tubuh tidak akan berfungsi sesuai ritmenya. Kita akan merasa lapar dalam jangka waktu lama dan hal ini mempengaruhi kecepatan metabolisme. Hal ini akan membuat bobot tubuh meningkat.

Menyebabkan malas dan tidak bersemangat di sisa harinya

Maksud dari hal ini dapat dilihat dari perkataan Ibnul Qayyim. Beliau rahimahullah berkata, “Pagi hari bagi seseorang itu seperti waktu muda dan akhir harinya seperti waktu tuanya.” (Miftah Daris Sa’adah,2/216). Amalan seseorang di waktu muda berpengaruh terhadap amalannya di waktu tua. Jadi jika seseorang di awal pagi sudah malas-malasan dengan sering tidur, maka di sore harinya dia juga akan malas-malasan pula.

Menghambat datangnya rizki

Ibnul Qayyim berkata, “Empat hal yang menghambat datangnya rizki adalah [1] tidur di waktu pagi, [2] sedikit sholat, [3] malas-malasan dan [4] berkhianat.” (Zaadul Ma’ad, 4/378)

Sudah tahu kan apa saja bahaya tidur di pagi hari? Jadi, mulailah untuk tidur secara teratur dan tidak tidur di pagi hari. Semoga bermanfaat.

Sumber: ummi-online.com

Tags :
Konfirmasi Donasi