BANTUAN KELINCI INDUKAN UNTUK PETERNAK KELINCI DI DESA KEDUNGUMPUL TEMANGGUNG

TEMANGGUNG. Hari Senin (24/09) adalah hari yang membahagiakan bagi Slamet Prayogo, peternak Kelinci di Desa Kedungumpul, Kandangan, Temanggung. Kelinci indukan jenis NZ (New Zealand) yang telah lama ia pesan akhirnya datang.

Kelinci ini merupakan bagian dari bantuan yang diberikan oleh Rumah Zakat kepada para peternak kelinci di Desa Kedungumpul dalam program peternak berdaya.

Kelinci jenis NZ ini dipilih karena lebih cepat besar dan penampakannya menarik. Konon menurut Hanif, Ketua TRC (Temanggung Rabbit Community) jenis kelinci NZ dagingnya paling bergizi.

“Saya tau dari seorang dosen di UNNES jenis kelinci NZ dagingnya paling bergizi” ujar Hanif.

Slamet Prayogo sudah cukup lama beternak kelinci. Sebelumnya ia menggunakan kandang umbaran. Kini setelah mendapatkan bantuan dan pembinaan dari Rumah Zakat ia menggunakan kandang Baterai.

Diharapkan dengan kandang Baterai dapat lebih terjaga kebersihan dan sterilitas kandang, pakan serta kelinci itu sendiri.

Satu hari sebelumnya, Slamet diajak oleh Fasilitator Desa Berdaya untuk mengikuti pertemuan bersama Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Temanggung. Pada kesempatan itu, drh Esti Dwi Utami yang merupakan kabid kesehatan Dinas Perikanan dan Peternakan menyampaikan tentang upaya menjaga kesehatan kelinci dan keunggulan kandang Baterai oleh karena itu Slamet menggunakan Kadang Baterai saat ini.

“Rumah Zakat melalui program Ternak Berdaya terus berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat peternak. Alhamdulilah di Desa Kedungumpul tahun ini ada 3 peternak kelinci yang mendapatkan bantuan dari Rumah Zakat, semoga makin banyak lagi warga yang terberdayakan melalui program ini” ujar Fasilitator Desa Berdaya, Anantiyo Widodo.

Newsroom
Dani Suhardi / Lailatul Istikhomah

Tags :
Konfirmasi Donasi