BANTUAN USAHA UNTUK PETERNAK DI DESA BERDAYA MEKARJAYA PANDEGLANG

PANDEGLANG.(21/08) Fasilitator Desa Berdaya Rumah Zakat di Mekarjaya mendistribusikan bantuan usaha kepada dua Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaan di Desa Berdaya Mekarjaya. Keduanya Mempunyai Usaha Ternak kambing antara lain yakni Marhani (50 tahun ) dan Maman (33 tahun).

Peternakan menjadi salah satu aktivitas yang banyak berkembang di daerah pedesaan. Hal ini disebabkan sebagian besar masyarakat pedesaan mayoritas berprofesi sebagai petani sehingga dari hasil tanam mereka bisa digunakan sebagai pakan ternak sekaligus.

Keadaan tersebut juga terjadi di salah satu desa berdaya binaan Rumah Zakat yakni Desa Berdaya Mekarjaya Pandeglang.

Fasilitator Rumah Zakat Aep Muflih selaku pendamping pemberdayaan masyarakat di Besa Berdaya mengungkapkan “Alhamdulillah masyarakat telah mengalami perkembangan
dalam menjalani usahanya,” ujar Aep.

Untuk memantau perkembangan setiap ternak secara rutin dan juga mengantisipasi terjadinya hal yang tidak di inginkan Aep melakukan monitoring secara berkelanjutan. Kegiatan monitoring ini sangat penting baik Fasilitator Rumah Zakat maupun bagi pelaku UMKM ternak tersebut karena bisa mengetahui kendala sejak dini dan sekaligus mencari solusi penyelesaiannya.

“Alhamdulillah Bantuan modal usaha ( kambing anakan) dari Rumah Zakat sudah besar semoga bisa bertambah lagi dan bisa segera di jual untuk mencukupi perekonomian keluarga saya, terima kasih atas bantuan dan pendampingannya” ucap maman, salah satu penerima manfaat bantuan modal untuk ternak dari Rumah Zakat.

Perkembangan ternak ini diharapakan dapat memperluas dan memperbanyak penerima manfaat bantuan Rumah Zakat sehingga banyak masyarakat dapat tertolong, mandiri secara ekonomi dan berdaya dalam segi keluarga.

Newsroom
Nuru Ulfa / Lailatul Istikhomah

Tags :
Konfirmasi Donasi