BELAJAR BACA TULIS QURAN DI DESA BINAAN CITANGKIL

CILEGON. Rumah Zakat Cilegon Menggulirkan berbagai program pembinaan masyarakat yang meliputi KBM (Kegiatan Belajar Mengajar), BBTQ (Belajar Baca Tulis Quran) dan Majelis Hikmah di wilayah Desa Binaan Citangkil.

Program tersebut sesuai dengan hadits yang berbunyi, “Tuntutlah ilmu sejak dari buaian sampai liang lahat,” hadits tersebut menganjurkan umat islam untuk terus-menerus menimba ilmu kapan dan dimanapun ia berada.

Salah satu upaya untuk memberikan asupan pendidikan kepada masyarakat, Rumah Zakat menggulirkan berbagai program, contohnya BBTQ (Belajar Baca Tulis Quran). Kegiatan tersebut diikuti oleh ibu-ibu warga Desa Binaan Citangkil. Meskipun usianya sudah tidak lagi muda, mereka tetap aktif mengikuti Program Pembinaan Masyarakat yang diinisiasi oleh Rumah Zakat.

Kegiatan tersebut diselenggarakan di Aula Majelis Tazkia Kebonsari Citangkil dan bekerjasana dengan Rumah Quran Yayasan Ibu Cerdas Cilegon, pada Selasa (06/06). Salah satu tujuan diselenggarakannya acara tesebut, yaitu untuk meningkatkan produktivitas di bulan Ramadhan sekaligus membumikan Al-Quran.

Program yang dirintis sejak awal tahun 2015 itu, dilaksanakan setiap hari Selasa dan dimulai dari pukul 09.00 sampai menjelang waktu sholat Dzuhur dan menghadirkan ustadzah Sulis serta pengurus Rumah Quran, ustadzah Nia Desmalia dan Ustadzah Fanti sebagai pengajar.

Dalam sambutannya, salah satu fasilitator Desa Berdaya Rumah Zakat Cilegon, Humaedi menerangkan perihal program-program yang bisa disinergikan dengan masyarakat, salah satunya yaitu BBTQ. Sekitar 35 jamaah mendapatkan materi dan praktik ilmu tajwid tentang makhrojul huruf yang dibimbing langsung oleh Ustadzah Sulis, Nia dan Fanti yang dibagi menjadi 3 kelompok.

Rumah Zakat sekaligus menyalurkan 10 mushaf Quran dan 10 Iqro sebagai fasilitas untuk jamaah di Rumah Quran Citangkil Cilegon. “Alhamdulillah, setelah diadakannya kegiatan BBTQ ilmu saya tentang baca tulis Al-Qur’an bertambah, ukhuwah antara kita juga semakin erat dan kemakmuran masjid ini semakin ramai,” Ujar ibu Nurlelah, salah satu jamaah Majlis Quran.

Newsroom/Humaedi

Cilegon

Tags :
Konfirmasi Donasi