BENARKAH BERENANG DAPAT PENGARUHI KINERJA OTAK?

RenangSebagian orang tahu jika olahraga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Olahraga dapat memberikan kebugaran dan memengaruhi sistem kerja otak manusia. Beberapa latihan olahraga menawarkan manfaat bagi otak. Salah satunya, berenang.

Berenang dapat meningkatkan sirkulasi darah ke otak. Sebuah studi baru mengklaim bahwa sirkulasi darah seseorang akan lebih baik ketika berada di dalam air dibanding dengan di darat. Penelitian ini dilakukan untuk melihat manfaat kardiovaskular dari beberapa kegiatan.

Peneliti mengklaim bahwa ketika tubuh sedang berendam dalam air sampai bagian dada, sirkulasi darah akan meningkat ke beberapa bagian terutama otak. Para peneliti yang mempelajar hubungan antara air dengan aktivitas otak dalam sebuah kelompok beranggotakan 10 orang.

Subjek tes pertama kali dibuat dengan berdiri dalam kolam kosong. Setelah memeriksa denyut jantung dan data lainnya, air dialirkan dalam kolam mencapai sedada. Data kembali dikumpulkan dan dianalisis. Hasilnya, berenang juga dapat melepaskan endorfin. Hal ini terjadi karena peningkatan neurogenesis hippocampal.

Selain itu, karena aliran darah ke otak yang lebih lancar saat berenang, membuat lebih banyak nutrisi dan oksigen yang masuk ke otak. Berenang melibatkan peregangan, pergerakan dan pernapasan yang menjadi kegiatan baik untuk menghindari stres dan meningkatkan kesehatan. Jadi, berenang bisa menjadi latihan yang baik untuk menjaga otak lebih tajam dan tubuh yang aktif.

Sumber: republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi