BOLEHKAH MEMAKAI KEMBALI BEKAS BOTOL MINUMAN KEMASAN?

047722600_1426736648-19032015-botolbekasBanyak orang pasti pernah membeli air mineral kemasan botol, apalagi ketika kamu merasa haus dan tak sedang membawa air minum sendiri dari rumah. Beberapa orang bahkan akan menggunakan botol plastik kemasan air putih ini lagi setelah airnya habis. Tak sedikit juga kita jumpai banyak pedagang menggunakan botol plastik Aqua, atau kemasan botol lainnya untuk menjual produk mereka, seperti kemasan jamu tradisional, atau beragam produk minuman lain dan hanya diganti labelnya saja.

Tapi benarkah aman menggunakan ulang botol air minum kemasan? Jika memang aman, seberapa sering penggunaan berulang yang dianggap aman? Ada banyak orang menganggapnya aman, dan ada juga yang tidak. Beberapa orang menganggap bahwa botol air kemasan hanya untuk sekali pakai.

Dikutip dari Huffington Post, menurut beberapa penelitian kesehatan mengungkapkan bahwa bakteri bisa berkembang dari botol plastik itu sendiri. Para ahli kesehatan mengatakan bahwa penggunaan berulang kali botol plastik kemasan bisa memberi pengaruh buruk untuk kesehatan.

Botol plastik air minum sendiri tipis dan mudah rusak, dan dari sinilah bakteri bisa berkembang. Mencuci botol plastik untuk digunakan lagi justru bisa membuat bakteri lainnya masuk ke dalam botol. Menggunakan satu hingga dua kali adalah batas paling aman jika ingin menggunakan ulang botol plastik air minum kemasan. Setelah itu harus dibuang.

Jika ingin aman, tempatkan air minum di botol plastik yang memang digunakan untuk air minum. Beberapa botol plastik yang memang dirancang untuk dipakai berulang kali dan aman adalah Tupperware, Lion Star atau merek-merek botol plastik terpercaya lainnya. Jangan terlalu sering menggunakan kembali botol plastik air minum kemasan mulai dari sekarang.

Sumber: vemale.com

Tags :
Konfirmasi Donasi