CALON RELAWAN RZ BERSIAP HADAPI DIKSA JATIM 2016

calon-relwan-rz-bersiap-hadapi-diksa-jatim-2016SURABAYA. Dalam rangka mempersiapkan calon relawan sebelum Pendidikan Dasar (Diksar) Relawan RZ regional Jawa timur, Relawan RZ Surabaya mengadakan PRADIKSAR #4 selama dua hari yaitu pada Minggu (11/13) dan Senin (12/12).

Hari pertama, PRADIKSAR #4 dilaksanakan di Hutan Mangrove Wonorejo dengan materi navigasi darat. Materi di mulai Pukul 08.00 WIB oleh Indra mengenai sejarah dan pengenalan macam-macam alat navigasi. Setelah pemberian materi, Indra pun menjelaskan cara menggunakan aplikasi navitel yang telah terpasang di android milik masing-masing peserta. Kemudian peserta diajak tracking menyusuri tambak di Hutan Mangrove sambil mempraktikkan penggunaan navitel.

Usai makan siang, carel melanjutkan latihan mereka. Indra menginstruksikan untuk mencari sesuatu dengan lambang RZ. Carel dibagi menjadi dua kelompok besar dan diberi petunjuk berupa titik koordinat tempat benda tersebut berada.

Carel sangat semangat mencari benda tersebut. Berbekal Navitel dan Google Map, carel memulai perjalanan kecil mereka. Setelah beberapa saat mencari, akhirnya mereka menemukan benda yang disembunyikan. Kegiatan ini berakhir pada pukul 13.30 WIB.

Hari kedua, pelaksanaan dilakukan di kantor RZ dengan materi Manajemen Posko dari pukul 09.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB. Materi ini kembali disampaikan oleh Indra. Ia menjelaskan mengenai macam-macam posko dalam upaya penanggulangan bencana, APD, SOP Lapangan siaga bencana, serta Formasi Tim saat terjadi bencana.

“Harapannya setelah mengikuti PRADIKSAR, carel telah siap mengikuti DIKSAR pada (24/12) sampai (26/12) nanti,” ujar Andre, selaku Korel Relawan RZ Surabaya.

“Semoga ilmu yang diberikan dapat bermanfaat untuk semua relawan yang ikut PRADIKSAR ini baik yang ikut diksar maupun yang tidak ikut diksar,” tutupnya.

Newsroom/Sandy
Surabaya

Tags :
Konfirmasi Donasi