CARA KERJA MATAHARI

Sorry, this entry is only available in American English For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

Matahari adalah sumber kekuatan kita. Jika tidak ada matahari, tentu tidak ada kehidupan di Bumi ini. Bagaimana cahaya dan panas matahari bisa mencapai kita? Dengarkan beberapa informasi mengenai matahari berikut sehingga kita mengenal Tuhan dan mengenal kekuasaan Allah Azza Wa Jalla berikut kerajaan-Nya. Menurut para ilmuwan, matahari membutuhkan 250 juta tahun untuk bisa berputar penuh mengelilingi pusat orbit.

Para ilmuwan mengatakan, “Matahari memberikan reaksi atom yang terus menerus antara 650 juta ton hidrogen dengan 650 juta ton helium. Reaksi atom ini akan menghasilkan panas yang bisa mencapai 27 juta derajat celsius, yang berkekuatan 400 triliun watt tiap detik. Ukuran matahari lebih besar 1.2 juta kali dari pada ukuran Bumi. Jaraknya dari Bumi sekitar 93 juta mil. Bayangkan keagungan ciptaan Allah! Selain itu cahayanya mencapai kita hanya dalam 8 detik saja!” ‘

Allah SWT berfirman, “(Menjadikan matahari dan bulan untuk perhitungan” (QS. Al-An’am [6]: 96). Menurut para ilmuwan, matahari bergerak sangat cepat. Dalam satu detik, ia bisa mencapai jarak yang bisa dicapai oleh seseorang yang berjalan selama lima puluh ribu tahun. Simak firman Allah SWT berikut: “Matahari berjalan di tempat peredarannya. Demikianlah ketetapan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui ” (QS. Yasin [36]: 38). Renungkan kata “berjalan”, bukan kata “bergerak”!

Sumber: Buku Karunia akal yang disia-siakan, M. Syarif Hidayatullah

 

Tags :
Konfirmasi Donasi