CARA MENGONTROL HOBI NGEMIL

download Ngemil. Kata ini seolah-olah menjadi musuh bagi orang-orang yang ingin menurunkan berat badan atau memulai gaya hidup sehat dengan lebih berhati-hati lagi memilih makanan yang dikonsumsi. Hanya saja tak semua orang yang ingin berhenti ngemil bisa mengontrol diri mereka dengan baik. Dengan kata lain, jika Anda ingin berhenti ngemil atau minimal mengontrol kebiasaan ngemil Anda, coba lakukan lima hal ini.

Sempatkan Sarapan Pagi

Mungkin Anda tidak lapar di pagi hari. Tapi mendapatkan asupan kalori di pagi hari bisa menjaga Anda agar tak mudah merasa lapar di sepanjang hari. Dalam sebuah penelitian di Nutrition Journal, wanita yang memiliki berat badan berlebih yang mengonsumsi 350 kalori sarapan dengan kandungan protein sebesar 13 gram bisa menahan diri mereka untuk ngemil makanan manis atau gurih. Meskipun para peneliti belum menemukan jawaban pasti tapi protein bisa membantu merangsang pelepasan dopamin (neurotransmiter yang membantu mengontrol pusat kepuasan dan kesenangan di otak) yang bisa mengontrol keinginan untuk ngemil.

Makan dengan Porsi Kecil

Jika Anda ingin lebih mudah mengontrol kebiasaan ngemil Anda, usahakan untuk mengonsumsi makanan dalam porsi kecil. Setelah mengambil makanan dalam porsi kecil, beri jeda 15 menit sebelum Anda memutuskan untuk menambah pors makanan lagi.

Ganti dengan Makanan yang Lebih Sehat
Ingin ngemil permen? Coba konsumsi semangkuk buah stroberi. Ingin ngemil keripik gurih? Coba ganti dengan kacang almond. Intinya adalah ganti makanan yang ingin Anda cicipi dengan makanan yang lebih sehat dengan rasa yang hampir mirip. Jika Anda memaksa diri Anda untuk menahan diri dari ngemil sesuatu dan tak segera menggantinya dengan makanan yang lain, Anda bisa semakin kesulitan untuk mengontrol diri Anda mengonsumsi makanan lain. Marisa Moore, RD, juru bicara dari Academy of Nutrition and Dietetics mengungkapkan bahwa keinginan untuk ngemil itu biasanya hanya singkat dan akan jadi sesuatu yang bermanfaat jika Anda bisa menggantinya dengan makanan yang lebih sehat.

Imbangi dengan Makanan Sehat
Anda bisa mengimbangi menu camilan Anda dengan makanan yang lebih sehat. Misalnya, Anda bisa menggabungkan salad, ikan salmon panggang, dan kentang goreng. Menu ini bisa memuaskan keinginan ngemil Anda sekaligus memenuhi asupan gizi Anda.

Sembunyikan Camilan

Salah satu kunci untuk mengontrol kebiasaan ngemil adalah alihkan perhatian Anda. Sebuah penelitian menyebutkan bermain game Tetris selama tiga menit bisa mengurangi keinginan untuk ngemil. Bahkan jalan kaki selama 15 menit bisa mengurangi keinginan ngemil makan cokelat (menurut penelitian di Inggris pada tahun 2013). Penting juga untuk menjauhkan pandangan Anda dari berbagai jenis makanan camilan. Sembunyikan camilan yang ada agar Anda tidak mudah tergoda.

Jika Anda ingin mengontrl kebiasaan ngemil, sebisa mungkin hindari pandangan mata Anda dari berbagai foto makanan yang menggoda selera. Peneliti dari University of Southern California menemukan bahwa gambar-gambar makanan dengan kalori yang tinggi bisa merangsang aktivitas di pusat kepuasan dan kesenangan di otak daripada gambar-gambar makanan dengan kalori rendah. Jadi hati-hatilah apabila Anda melihat foto-foto di internet atau akun sosial media Anda.

Sumber: vemale.com

Tags :
Konfirmasi Donasi