CEMILAN YANG BISA KURANGI STRES

Pernah merasa stres? Tahukah bahwa ada beberapa cemilan yang bisa mengurangi kadar stres kita? Daripada terus-terusan merasa tertekan, coba deh ngemil beberapa cemilan berikut ini:

1. Cokelat

Cokelat memang sudah terkenal sebagai cemilan yang cocok dikonsumsi ketika stres melanda. Apa rahasianya?

Ternyata, cokelat mengandung molekul psikoaktif yang dapat membuat pemakan cokelat merasa nyaman. Beberapa kandungan cokelat seperti caffeine,theobromine, methyl-xanthine dan phenylethylalanine dipercaya dapat memperbaiki mood, mengurangi kelelahan sehingga bisa digunakan sebagai obat anti-depresi.

Jadi, ketika Sahabat Ummi merasa sedang terlalu lelah, stres, bad mood, coba rehat sebentar dengan menikmati cokelat, pastikan yang sudah ada label halalnya yaa.

2. Es krim

Siapa yang nggak doyan es krim? Meskipun tidak baik dimakan dalam porsi besar karena kandungan gulanya bisa bikin gemuk, tapi dalam porsi pas… es krim bisa menghilangkan rasa stres lho.

Es krim akan merangsang thrombotonin, yaitu hormon kebahagiaan dan penghilang stres. Jika es krim mengandung susu, maka es krim akan menjadi “obat penenang” alami yang mengistirahatkan sistem saraf dan mencegah gejala insomnia.

Sahabat Ummi yang sedang suntuk berat, bisa coba ngemil es krim rasa cokelat atau rasa favorit lainnya.

3. Snack pedas

Siapa yang sangka bahwa snack pedas bisa mengurangi stres? Khususnya buat Sahabat Ummi yang memang pecinta makanan pedas yaa.
Cabai merah dapat meningkatkan level endorfin dan serotonin yang menghilangkan nyeri dan memberi perasaan nyaman. Hormon ini bisa berlaku seperti pelawan stres dan depresi.

4. Yoghurt dingin

Buat Sahabat Ummi penggemar rasa masam, mungkin sudah tidak asing lagi dengan yoghurt yaa… ternyata makanan/minuman yang satu ini bisa juga untuk meredakan stres.

Tidak hanya membantu melancarkan pencernaan, yoghurt juga bisa meningkatkan kandungan serotonin dalam otak yang bisa menurunkan tingkat stress, dan juga membuat kita merasa tenang. Mengonsumsi yogurt dalam keadaan dingin dapat membuat kita merasa lebih relax.

Sumber: Ummi-online.com
Tags :
Konfirmasi Donasi