CITA SEHAT CERDASKAN MASYARAKAT TENTANG STUNTING

cita-sehat-cerdaskan-masyarakat-tentang-stuntingBANDUNG. (13/10) Cita Sehat Foundation (CSF) bersama RZ kembali gelar kegiatan Sosialisasi dan Edukasi mengenai Stunting di Posyandu Kecamatan Lengkong, Kota Bandung.

Kerja sama antara CSF dan RZ dengan Posyandu di kota Bandung sudah bergulir sejak lama. Salah satunya dengan Posyandu Kecamatan Lengkong. Kegiatan yang dilakukan sangat beragam termasuk salah satunya yaitu kegiatan pembinaan rutin setiap bulan.

Kegiatan kali ini digelar di Kantor Kecamatan Lengkong. Materi yang disampaikan yaitu mengenai stunting yang disampaikan oleh Fadhli selaku Public Health Officer CSF Bandung.

“Stunting merupakan keadaan tubuh yang pendek atau sangat pendek. Stunting terjadi akibat kekurangan gizi dan penyakit berulang dalam waktu lama pada masa janin hingga 2 tahun pertama kehidupan seorang anak.”, jelas Fadhli.

Di Indonesia sendiri, dari 23 juta balita sekitar 7,6 juta anak balita tergolong stunting (35,6%). Terdiri dari 18,5% balita sangat pendek dan 17,1% balita pendek. (Depkes RI, 2010). Fakta tersebutlah yang menjadi dasar pentingnya penyampaian materi mengenai stunting di kalangan kader Posyandu. Dengan harapan, para kader dapat lebih fokus mengatasi perbiakan gizi balita sebagai upaya untuk mengatasi kasus stunting.

“Alhamdulillah, Cita Sehat sudah bersinergi dengan seluruh Posyandu di kota Bandung. Selain kami yang memberikan pembinaan dan penyuluhan, pihak Posyandu pun memberikan laporan mengenai perkembangan kesehatan balita di daerah masing-masing secara berkala. Semoga dengan adanya pembinaan rutin, semakin memperkaya ilmu para kader untuk diterapkan saat Posyandu berlangsung.”, tutur Fadhli.

Newsroom/Nurul Rahayu
Bandung

Tags :
Konfirmasi Donasi