[:ID]CORONA MEWABAH,TETAP AMANKAH BERENANG? [:]

[:ID]Virus corona (Covid-19) telah menjangkiti lebih dari 100 ribu orang di lebih 100 negara. Jumlah kasus juga terus meningkat. Dengan kondisi demikian, masih amankah untuk berenang?

“Pendapat para ahli kesehatan masyarakat pada umumnya menilai aman untuk berenang saat ini. Air dan klorin di dalam kolam berenang akan membantu membunuh virus,” kata Kelompok Penasihat dan Perawatan Air Kolam (PWTAG) yang berbasis di Inggris sebagaimana dilansir Women’s Health, Sabtu (14/3).

Namun demikian, PWTAG mengingatkan agar para pengunjung untuk mandi terlebih dahulu sebelum berenang. Setelah berenang, mereka diminta juga untuk mandi kembali. Selain itu, para pengunjung juga tetap mengikuti acuan umum dalam mengurangi risiko terinfeksi Covid-19.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), merekomendasikan tingkat klorinasi 15 mg/liter cukup untuk membunuh virus polio, rotavirus dan virus coxsackie. Sedangkan untuk Covid-19 dibutuhkan jumlah klorin yang lebih banyak.

Lembaga resmi untuk urusan renang di Inggris, Swin England sampai saat ini belum melakukan pembatasan khusus. Hanya saja, mereka menyarankan agar orang-orang yang merasa tidak sehat untuk tidak berenang terlebih dahulu guna mengurangi risiko penyebaran penyakit.

sumber: republika.co.id[:]

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia