DALAM DEKAPAN KABUT GUNUNG SLAMET, BERBAGI AIR KEHIDUPAN

PURBALINGGA. Desa Serang kecamatan Karangreja Kabupaten Purbalingga adalah salah satu desa sebagai jalur pendakian Gunung Slamet yang mempunyai ketinggian 3.428 mdpl dan merupakan gunung tertinggi di Jawa Tengah.

Walau berada di kaki gunung namun ketika musim kemarau tiba desa ini mengalami krisis air, kondisi ini sampai sekarang belum dapat teratasi. Sementara warga terdampak akibat kekeringan sekitar 1.000 orang dari 400 KK.

Untuk mengatasi kekeringan ini Rumah zakat berkolaborasi dengan Kita Bisa.com menditribusikan air bersih untuk Desa Serang ini. Distribusi air bersih ini dilakukan secara bertahap.

“Air diberikan kepada warga bertahap selama 4 kali, masing – masing distribusi 20.000 L air kita salurkan untuk warga” ujar Fasilitator Rumah Zakat, Dwi Gandik Biworo.

Distribusi air tahap satupun dilakukan pada 30 agustus lalu bertempat di sekitar pos pendakian gunung Slamet. Di tengah kabut sore suasana yang biasanya tidak terlalu ramai karena tidak ada para pendaki gunung, mendadak riuh. Banyak penduduk yang berkumpul dengan membawa jerigen untuk mengantri mendapatkan air secara cuma-cuma.

Bagi yang mampu kekeringan tidak terlalu menjadi beban berat, orang yang mampu bisa mendapat air dengan cara membeli. Namun, bagi warga yang tidak mampu mereka harus mengambil sekitar 2 km ke mata air terdekat, apalagi bagi yang tidak mempunyai kendaraan, mereka harus berjalan kaki.

“Semoga bantuan ini bisa membantu dan memberikan sedikit senyum bagi warga disekitar pendakian gunung Slamet yang selalu di penuhi kabut di kala sore hari,” tambah Dwi.

Newsroom
Dani Suhardi / Lailatul Istikhomah

Tags :
Konfirmasi Donasi