DEBUT ECO.J DI JOGJA EXPO CENTER

YOGYAKARTA. Salah satu pemanfaatan pewarna alami adalah teknik Ecoprint. Teknik Ecoprint merupakan teknik pewarnaan dengan menggunakan zat warna alami yang berasal dari daun, batang, akar dan buah buahan. Dengan trend go green yang satu ini Rumah Zakat melalui Indra Suryanto, Fasilitator Desa Berdaya Rumah Zakat di Desa Karangkajen bersama Ibu Meta Nuci, trainer pelatihan Ecoprint mengadakan pelatihan Ecoprint di bengkel kerja Ecoprint Seyegan, Yogyakarta.

Eco. J singkatan dari Ecoprint Jogja adalah nama yang dijadikan sebagai merk dari produk yang akan dipamerkan. Dalam penyiapan bahan-bahan untuk pameran, para bunda ini beberapa hari sebelumnya telah mencari dedaunan yang akan dipakai sebagai sumber pewarna alami dalam proses Ecoprint.

Eco. J memamerkan karyanya di Jogja Expo Center (JEC) pad (12/10 hingga (16/10) dalam kegiatan PPED (Pameran Produk Ekspor Indonesia) ke-22 oleh Kementrian Perindustrian RI. Eco.J sebagai salah satu kelompok pengrajin binaan Rumah Zakat berpartisipasi dalam kegiatan ini. Adapun peserta pameran berasal dari berbagai daerah di DIY dan dari luar DIY.

Hampir semua stand didominasi oleh batik khas daerah masing-masing yang lain berupa furniture, kerjinan, kraft, dll. “Sejauh pengamatan kami dari banyak stand yang ada hanya ada 2 stand yang memajang produk ecoprint, salah satunya adalah Eco.J binaan Rumah Zakat. Hal ini menjadi peluang dan tantangan tersendiri bagi kami. Peluang pasar masih terbuka lebar. Pemain di bidang ecoprint belum banyak tetapi juga sekaligus menuntut kami untuk lebih gencar melakukan edukasi tentang ecoprint.” Kata Indra Suryanto, Fasilitator Desa Berdaya Rumah Zakat di Desa Karangkajen.

Pameran ini memberikan banyak pengalaman dan pelajaran bagi tim ECO.J, terutama mengenai pembuatan desain, layout yang baik juga mengenai pembuatan brosur dan leafleat yang menarik.
“Masya Alloh akan banyak ilmu yang bisa kami serap selama pameran 5 hari kedepan. Pameran ini sekaligus bisa menjadi media pembelajaran langsung di dunia nyata bagaimana pemasaran yang baik.” Kata salah tim Eco.J.

Anggota Eco.J juga mengharapkan adanya workshop menjahit, agar lembaran kain ecoprint yang berharga ini bisa dituangkan dalam bentuk produk, utamanya busana muslin dan interior.
“Mohon doa kepada semuanya, agar Eco.J semakin berkembang dan mampu mandiri.” Pungkas Indra.

 

Newsroom/Ratih
Yogyakarta

 

 

Tags :
Konfirmasi Donasi