DEKATI ANAK ASUH DENGAN SEPAKBOLA

YOGYAKARTA. Rumah Zakat Cabang Yogyakarta mengadakan pertandingan sepak bola antar anak asuh, Senin (17/1). Pertandingan ini dilaksakan berdasarkan ide dari Alvian, relawan Rumah Zakat sebagai upaya untuk membersamai anak asuh di Kampung Keparakan Kidul, Kelurahan Keparakan.

Sore itu sekitar 13 anak asuh telah berkumpul di Empowering Centre Rumah Zakat. Mereka bersiap dengan kostum yang paling nyaman untuk mengikuti pertandingan sepak bola antar anak asuh Rumah Zakat. Pertandingan ini dilaksanakan untuk menyemangati anak asuh agar semakin rajin mengikuti pembinaan Rumah Zakat. Berdasarkan pengakuan Alvian, “untuk mengumpulkan mereka agak susah, apalagi kalau disuruh belajar.” Ia menambahkan pendekatan yang dilakukan di awal agar anak-anak tertarik mengikuti program-program bimbingn belajar dan sejenisnya. Pertandingan sepak bola ini untuk mengikuti dulu apa keinginan mereka.

“Anak-anak itu kan senang sepak bola. Karena lapangan yang terbatas,  kita ajak mereka bermain futsal”, tambahnya. Kegiatan ini dilaksanakan rutin setiap pekan. “Yang terpenting mereka senang dulu, kalau sudah enjoy, kami juga akan mengajak mereka untuk mengikuti kegiatan-kegiatan yang lainnya seperti bimbingan belajar, BBQ (Belajar Bahasa Al-quran) , dan kegiatan yang bernilai positif lainnya,” ungkap Alvian. Para peserta merasa senang dengan kegiatan futsal ini. “Pengennya terus futsal, setiap minggu,” ujar salah seorang anak asuh. “Saya suka sekali dengan olahraga ini,” ujar peserta lain.

Selain itu, di Kampung Keparakan Kidul ini baru dibentuk pusat belajar masyarakat yang bertema Rumah Inspirasi. Wadah ini merupakan bentuk sinergitas Rumah Zakat dengan pengurus Rumah Inspirasi. Rumah Inspirasi ini akan menjadi tempat belajar anak asuh Rumah Zakat dan para warga. Tidak hanya membaca buku yang dapat dilaksanakan di tempat ini. Kegiatan lain yang berbentuk pembelajaran juga dapat dilakukan di Rumah Inspirasi ini.***
Newsroom/Zaenal Abidin
Yogyakarta

Tags :
Konfirmasi Donasi