DIARY EKSPEDISI BHAKTI PMK 2016 RELAWAN RZ PART #1

BIDIARY EKSPEDISI BHAKTI PMK 2016 RELAWAN RZ PART #1MA. Tempo hari RZ telah mengutus 4 orang relawan untuk mengikuti Ekspedisi Bhakti PMK atau yang dahulu bernama Ekspedisi Bhakti Kesra Nusantara. Ini merupakan keenam kalinya, RZ kembali dipercaya Kementerian Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) untuk turut berpartisipasi dalam Kegiatan Ekspedisi Bhakti PMK.

Ekspedisi Bhakti PMK merupakan kegiatan mengunjungi pulau-pulau terdepan, tertinggal dan terpencil (3T) dengan maksud meningkatkan kepedulian berbagai pemangku kepentingan terhadap keberdayaan dan peri kehidupan masyarakat kawasan 3T dengan meningkatkan rasa cinta bangsa budaya tanah air Indonesia.

Adapun rute pelayaran ekspedisi Bhakti PMK 2016 yang akan dilaksanakan dari tanggal 29 April 2016 sampai dengan 27 Mei 2016 menggunakan KRI Banda Aceh 593 ialah Jakarta – Pulau Bajo Pulo (NTB) – Pulau Wetar – Pulau Matakus (Maluku) – Kaimana (Papua Barat) – Jakarta.

Dan sekarang ini keempat Relawan RZ sedang mengikuti rangkaian acara Ekspedisi Bhakti PMK, dan sudah berada di Bajo Pulo, Bima, NTB. Berikut akan dipaparkan rangkaian kegiatan yang sudah dijalani oleh Relawan RZ selama Ekspedisi Bhakti PMK :

Pada Ahad (01/05) ,
– Apel kelengkapan anggota
Apel perlengkapan dan kelengkapan anggota 01/04 perdana di mulai di Helli Deck KRI Banda Aceh 539. Apel ini dilakukan untuk mendata kelengkapan anggota Ekspedisi Bhakti PMK 2016 dan seluruh anggota TNI AL RI. Apel pagi bertujuan untuk mengecek apakah seluruh anggota dan TNI AL masih aman berada di dalam KRI Banda Aceh 539 atau tidak. Dikhawatirkan ada kecelakaan yang mengakibatkan jatuhnya sesworang ke laut sehingga dengan Apel kelengkapan ini bisa terdeteksi keutuhan seluruh warga yang berada di atas KRI Banda Aceh atau tidak.

– Yasinan
Untuk menambah berkah Ekspedisi Bhakti PMK ini. Komandan TNI AL KRI Banda Aceh mengajak dan menghimbau seluruh TNI dan anggota Bhakti PMK 2016 untuk yasinan (membaca surat Yasin bersama) dan tahlilan dan do’a bersama supaya semua kegiatan dan sampai akhir diberkahi oleh ALLAH SWT dan semua warga yang berada di KRI Banda Aceh diberi keselamatan. Untuk menaati himbauan komandan Edi H, semua anggota TNI dan peserta Bhakti PMK 2016 menyambut dengam senang untuk menyelerenggarakan kegiatan ini. Ini dibuktikan dengan hadirnya semua anggota TNI dan peserta Bhakti PMK. Acara ini berjalan dengan lancar dengan penuh khidmat.

– Malam Perkenalan
Setelah selesai melakukan yasinan, komandan KRI Banda Aceh 539 menjamu seluruh warga untuk memakan nasi tumpeng. Dan komanda Edi dengan simbolis memotong nasi tumpeng bertanda mulainya jamuan makan malam. Dengan jamuannya makan malam, diselingi juga dengan perkenalan seluruh anggota Bhakti PMK dari seluruh instansi yang ada. Dan ketika utusan RZ mengenalkan diri, semuanya menyambut dengan baik. Dikarenakan selalu ikut andilnya RZ dalam kegiatan Bhakti PMK ini selama 6 tahun berturut-turut. Dan ini diapresiasi karena program-program yang inovatif yang dibawa RZ seperti kornet Superqurban.

Pada hari Senin (02/05),
– Menyanyikan Mars KRI Banda Acehseluruh anggota TNI AL dan peserta Bhakti PMK memulai lagi Apel pagi. Di apel pagi kali ini, seluruh peserta Bhakti PMK diperkenalkan dengan Mars KRI banda Aceh 539. Perkenalan ini langsung dipimpin oleh komandan KRI Banda Aceh 539, Edi H.

“Ada beberpa bait mars yang sangat bersemangat. Anggota TNI AL menyanyikan mars ini dengan suara lantang dan penuh semangat. Dan seluruh peserta Bhakti PMK dengan penuh perhatian menghafalkan seluruh bait dan nadanya. Tak memakan banyak waktu, seluruh peserta bhakti PMK dengan mudah menghafal mars KRI Banda Aceh 539 ini,” ungkap Fajri Sabti, salah satu Relawan RZ.

Dan dimalam harinya, seluruh peserta bergotong royong untuk mengemas barang-barang yang akan diturunkan di Pulo Bajo, Bima, NTB untuk masuk ke dalam kapal sekoci KRI Banda Aceh 539-1 dan 539-2.

Semoga para relawan yang turun senantiasa diberikan kesehatan dan kemudahan dalam menjalankan amanahnya. Kegiatan Ekspedisi Bhakti PMK 2016 ini insya Allah akan kembali dipaparkan.

Newsroom/Fajri Sabti
Bima

Tags :
Konfirmasi Donasi