DOA SAAT MELIHAT ORANG YANG TERTIMPA MUSIBAH

Manusia tidak akan terlepas dari yang namanya cobaan. Dalam kehidupannya manusia akan selalu diuji, baik dengan perkara yang menyakitkan maupun lewat perkara yang menyenangkan. Hal ini telah dijelaskan Allah dalam Alquran yang artinya:

“Setiap yang bernyawa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan. Dan kamu akan dikembalikan hanya kepada Kami.” (QS: Al-Anbiya ayat 35).

Ketika melihat seseorang yang tertimpa cobaan, maka sebaiknya umat Islam membaca doa. Berikut doa yang bisa diamalkan oleh umat Islam agar tidak mendapatkan cobaan seperti orang yang tertimpa cobaan tersebut.

“Alhamdulillahilladzi ‘afani mimmabtalaka bihi, wa faddhalani ‘ala katsirin mimman khalaqa tafdhila”

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah menyelamatkan aku dari musibah yang menimpamu dan benar-benar memuliakanku dari makhluk lainnya.” (HR. Tirmidzi, no. 3431; Ibnu Majah, no. 3892).

Rasulullah SAW berkata bahwa barang siapa yang melihat orang yang tertimpa musibah kemudian mengucapkan doa ini, maka dengan izin Allah ia diselamatkan dari ujian tersebut, apapun hal tersebut selama ia masih hidup. Namun, hendaknya ia mengucapkan doa ini di dalam hati dan tidak memperdengarkan kepada orang yang tertimpa musibah atau cobaan.

sumber: republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi