DON’T WORRY BE HAPPY

Ini adalah tagline (slogan) terkenal dari sebuah perusahaan asuransi kendaraan terkenal di Indonesia dalam meyakinkan pelanggannya untuk tidak cemas atau takut ketika terjadi ketidakpastian atas kendaraannya, so tinggal hubungi saja asuransi tersebut siap memberikan layanan terbaiknya untuk menjamin pelanggannya puas.

Bagi saya dan anda, sobat zakat! Sebagai sebuah komitmen lembaga untuk selalu dapat berubah (bertransformasi) ke arah yang luarbiasa tentunya, saya meyakini bahwa hembusan angin perubahan ini melahirkan efek samping (sebagaimana obat) salahsatunya adalah sikap ketakutan.

Orang-orang yang ketakutan akan merasa cemas, dan mereka yang cemas akan menyatakan kecemasannya dengan berbicara, bergosip, dan menyampaikan kabar-kabar tidak resmi. Untuk sebuah perubahan yang sukses, kita ingin semua komponen bisa dapat merasakan nikmatnya berubah.

Semoga bermanfaat untuk sobat zakat khususnya para Branch Manager di seluruh Indonesia lebih-lebih penting menyambut periode kerja baru dalam mempersiapkan dan memberikan layanan terbaiknya untuk internal customer (para sobat zakat) di keluarga besar Rumah Zakat Indonesia kita.

Dalam kesempatan ini, saya ingin menyampaikan tips apa direkomendasikan oleh Rhenald Kasali, Ph.D untuk dapat menggurangi rasa ketakutan para anggota timnya.

1. Berikan transformasi melalui ?keterlibatan? anggota timnya dalam merumuskan informasi, bukan dengan ?mengkomunikasikan perubahan? satu arah. Partisipasi pada kelompok sasaran perubahan dapat dilakukan dengan cara mengajak angota timnya mendiskusikan:

-Tuntutan pasar baru, suasana persaingan, dan tuntutan masyarakat dewasa ini

-Insentif-insentif yang dibutuhkan untuk menjamin perubahan

-Review hubungan-hubungan dengan konstituen terkait dan penting

-Hal-hal yang boleh dan yang tidak boleh dilakukan di masa datang

-Nilai-nilai yang mereka anut dan tuntutan masyarakat

2. Biarkan anggota organisasi mngonfrontasi isue (budaya tabayyun) secara terbuka dan menumbuhkan suasana saling percaya.

3. Ciptakan suasana terbuka dan komunikasikan dengan jelas setiap langkah yang diambil.

4. Berikan kompensasi yang adil pada pihak-pihak yang belum berhasil.

5. Ciptakan kemenangan-kemenangan jangka pendek dan berikan penghargaan.

6. Berikan fasilitas-fasilitas untuk mengatasi ketakutan, misalnya workshop, akses, konseling, kelas-kelas relaksasi dan sejenisnya.

SO…..DON?T WORY BE HAPPY

Demikian sobat zakat, Semoga angin hembusan perubahan ini kita sambut dengan sukacita dan penuh sikap optimis. Menyambut Rakernas VI 2006 kita songsong cerahnya masa depan seluruh keluarga Indonesia melalui karya terbaik dari keluarga besar Rumah Zakat Indonesia.

SALAM PERUBAHAN, SONGSONG SUKSES MASA DEPAN.

Salam

Taslinudin

Branch Manager Riau, Bumi Lancang Kuning)

Tags :
Konfirmasi Donasi