EKSPEDISI BHAKTI RELAWAN NUSANTARA, “CAHAYA UNTUK KAMPUNG LAHAN CADANGAN”

EKSPEDISI BHAKTI RELAWAN NUSANTARA, CAHAYA UNTUK KAMPUNG LAHAN CADANGANBOGOR. Kampung lahan cadangan merupakan sebuah pemukiman kecil yang berada tepat dibawah kaki Gunung Kencana Bogor terdapat di Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor. Sebanyak 17 KK yang merupakan buruh sebuah perkebunan Teh milik asing tinggal di kampung tersebut.
kampung ini dinamakan Kampung Lahan Cadangan karena lahan tersebut merupakan lahan cadangan dari perkebunan Teh tempat mereka bekerja.

Kehidupan di kampung kecil ini jauh dikatakan layak untuk ukuran orang kota. Akses ke kampung lain jauh, tidak ada layanan pendidikan, listrik dan tempat MCK sangat sederhana jauh dikatakan dari layak.
Mengingat jauhnya layanan pendidikan, rata-rata anak disana tidak ada yang sekolah. Bahkan mirisnya, masih kecil ada yang sudah merokok.

Berangkat dari permasalahan tersebut, Relawan RZ Bogor membuat sebuah program “Cahaya untuk Kampung Lahan Cadangan” yang dilaksanakan dari tanggal 5-25 Maret 2016.
Adapun program yang akan dilaksanakan berupa bimbingan belajar untuk anak-anak, pembuatan taman belajar, pembangunan MCK dan jika dana memadai, rencananya juga akan dilakukan pengadaan sarana listrik.

“Akses kampung yang jauh, fasilitas listrik dan MCK yang jauh dikatakan layak membuat kami tergerak untuk membuat program Ekspedisi Bhakti Relawan Nusantara “Cahaya untuk Kampung Lahan Cadangan” ini,” Ujar Fatoni Putra, Koordinator Relawan RZ Bogor.
“Dan mirisnya, mungkin karena jauh dari layanan pendidikan membuat adik-adik tidak tidak bersekolah, mereka! Masih anak-anak! Sudah ada yang merokok,” Tambah Fatoni.***

Newsroom/Fatoni Putra
Bogor

Tags :
Konfirmasi Donasi