EMPAT CARA MENCEGAH KOLESTEROL SECARA ALAMI

obat-herbal-kolesterolPenyakit kolesterol memang telah menjadi permasalahan kesehatan yang serius di Indonesia.  Sebenarnya, banyak faktor yang menjadi penyebab munculnya penyakit ini. Yang paling kentara adalah akibat dari pola makan dan gaya hidup yang salah. Sebelum mengetahui tiga cara mencegah kolesterol secara alami, ada baiknya terlebih dahulu Anda mengetahui informasi penting seputar kolesterol. 

Kolesterol dibagi menjadi dua macam, yakni kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Kolesterol itu sendiri adalah lemak dalam alirah darah yang memang sangat dibutuhkan tubuh dalam membentuk dinding sel, penyerapan asam lemak esensial dan menjadi bahan baku pembuatan hormone seksual. Secara normal, kolesterol yang baik seharusnya berkisar di bawah 200mg/dL. Sementara jika kadar kolesterol telah di atas 240mg/dL, maka Anda harus waspada. Akibat yang ditimbulkan dari kadar kolesterol yang tinggi (kolesterol jahat) adalah penyakit jantung koroner dan stroke. Gejala awal yang muncul dari penyakit kolesterol diantaranya:

  1. Muncul rasa berat dan pegal-pegal di tengkuk serta pundak
  2. Cepat mengantuk
  3. Mudah kesemutan
  4. Munculnya timbunan lemak di atas kelopak mata
  5. Mudah terserang lelah
  6. Kerap sakit kepala
  7. Kaki bengkak-bengkak

Mengobati kolesterol memang susah-susah gampang. Dengan mengetahui beberapa penyebab sakit kolesterol, tentu saja Anda akan jauh lebih berhati-hati dan mulai menerapkan hidup sehat. berikut beberapa hal yang bisa menjadi pemicu kolesterol:

  1. Faktor keturunan
  2. Usia
  3. Terlalu banyak mengonsumsi lemak jenuh seperti mentega, telur, hingga makanan cepat saji
  4. Berat badan yang berlebih
  5. Kurang olahraga
  6. Merokok
  7. Gaya hidup yang tidak sehat
  8. Stres
  9. Terkena diabetes melitus
  10. Terlalu banyak minum kopi
  11. Diet yang salah
  12. obesitas

Setelah mengetahui poin-poin penyebab terjadinya obesitas, berikut empat cara mencegah kolesterol tinggi yang bisa Anda terapkan di rumah:

1. Konsumsilah Buah dan Sayur dengan Rutin

Cara mencegah kolesterol secara alami yang bisa Anda terapkan adalah mengonsumsi buah ydan sayur. Buah dan sayur sudah terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Hal itu karena kandungan vitamin, antioksidan, serat dan pectin yang mampu mengikat lemak jahat yang menyumbat aliran darah. Konsumsilah dengan rutin buah apel, anggur, aprikot, kol, bawang putih dan ubi jalar untuk mengurangi LDL Anda.

2. Hindari Mengonsumsi Lemak Jenuh

Rata-rata lemak jenuh berasal dari makanan hewani. Hindari mengonsumsi daging dengan kulit, jeroan, keju, sosis, telur burung puyuh, makanan yang bersantan dan berminyak. Perbanyaklah mengonsumsi bahan makanan yang mengandung serat tinggi seperti buah dan sayur..

3. Jaga Berat Badan Agar Ideal

Orang yang memiliki berat badan ideal sebenarnya bisa saja terjangkit kolesterol jahat jika tidak menjaga pola makan dan gaya hidupnya. Jika yang berat badan ideal saja bisa terjangkit, tentu yang memiliki berat badan berlebih apalagi obesitas patut lebih berhati-hati lagi.

Rutinlah beraktivitas fisik seperti olahraga. Menurunkan berat badan dapat menurunkan kadar kolesterol Anda. Penelitian menyimpulkan bahwa penurunan berat badan 1 kg dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) sebanyak 0,35 mg/dL. Agar berat badan ideal memang perlu upaya ekstra. Salah satunya dengan mengurangi asupan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga cadangan lemak dalam tubuh digunakan untuk memenuhi kebutuhan kalori setiap hari.

 4. Hindarilah Stres

Hati-hati dengan sres, karena bisa menurunkan imunitas tubuh. Bahkan stres pun mampu menaikkan kadar kolsterol jahat dalam tubuh Anda. Hal itu terjadi karena terhambatnya pelepasan hormon serotonin yang memberikan rasa rileks pada otak. Imbasnya memicu hormon adrenalin dan kortisol yang mendorong produksi kolesterol jahat dalam tubuh.

Demikian empat cara mencegah kolesterol tinggi yang bisa Anda terapkan di rumah. Semoga bermanfaat!

Sumber: liniberita.com

Tags :
Konfirmasi Donasi