EMPAT CARA PENGELOLAAN MAKANAN YANG TAK DIANJURKAN

Banyak kaum ibu yang sering kali masih bingung menyiapkan olahan masakan untuk keluarga tercinta. Sehingga, biasanya para ibu hanya memilih cara memasak yang mudah dan praktis seperti menggoreng. Tapi tahukah Anda menggoreng merupakan salah satu cara mengolah makanan yang tidak baik?

Menurut Dr dr Inge Permadhi, MS, SpGK, spesialis gizi klinik Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, mengonsumsi makanan yang digoreng dapat membuat Anda terkena kolesterol. Terlebih apabila Anda tidak cermat mengolah makanan.

Berikut merupakan cara mengolah makanan yang tidak dianjurkan oleh Dr Inge.

Ditumis
Siapa yang tak suka tumis kangkung balacan? Hampir semua orang menyukai makanan ini. Namun, olahan makanan yang ditumis tidak baik apabila sering dikonsumsi.

Digoreng
Banyak suguhan makanan dengan cara digoreng. Mulai dari warung pinggir jalan sampai restoran bintang lima rata-rata memiliki menu makanan dengan cara digoreng. Akan tetapi banyak penyakit yang bisa saja masuk ke dalam tubuh Anda apabila memakan gorengan, seperti kolesterol dan kanker. Risiko kian meningkat apabila Anda tidak tepat dalam menyajikannya dan menjaga kebersihan makanannya.

Diawetkan
Tentu makanan yang diawetkan lebih memiliki banyak risiko. Hal ini dikarenakan makanan yang diawetkan tidak segar dan bisa jadi memakai bahan kimiawi berbahaya.

Dimasak dengan suhu tinggi
Makanan yang dimasak dengan suhu tinggi tidak diperkenankan. Alasannya terkait dengan zat-zat di dalam kandungan makanan tersebut yang dapat mengalami perubahan reaksi dan dapat merusak kandungan vitamin di dalamnya.

Sumber: republika.co.id

Sumber: republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi