FAKTA MENGEJUTKAN SEPUTAR CUCI TANGAN

cuci-tangan2Anda pasti tahu dan sering mendengar bahwa kita harus mencuci tangan kita di saat-saat tertentu. Namun, apakah semua orang benar-benar melakukannya?

Simak beberapa fakta mengejutkan seputar cuci tangan berikut ini, seperti dilansir sheknows.com:

Banyak orang tidak mencuci tangannya

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2013, 95% orang tidak mencuci tangannya dengan benar saat di toilet. 7% wanita dan 15% pria bahkan tidak mencuci tangannya sama sekali. Bahkan dalam penelitian lain diungkapkan 63% pegawai restoran tidak mencuci tangannya setelah memegang daging mentah. Dan yang lebih mengejutkan 70% orang yang bekerja di rumah sakit tidak mencuci tangannya sebelum berinteraksi dengan pasien.

Hand Sanitizer tidak sebaik sabun dan air

Hand Sanitizer yang mengandung alkohol di atas 60% sebenarnya efektif untuk membunuh kuman. Namun, masalahnya rata-rata orang tidak menggunakannya dalam jumlah yang cukup, dan mereka sudah membersihkannya sebelum hand sanitizer dapat bekerja untuk membunuh kuman. Beberapa jenis bakteri juga hanya bisa dihilangkan dengan sabun dan air.

Sabun anti-bakteri mungkin beracun

Salah satu bahan dalam sabun anti-bakteri yang disebut triclosan kini tengah dalam penelitian dari berbagai lembaga kesehatan di luar negeri berkaitan dengan keamanannya untuk digunakan manusia. Triclosan diduga dapat membuat bakteri resisten terhadap anti-biotik. Selain itu bahan ini juga diduga dapat meracuni tubuh.

Jadi pastikan Anda mencuci tangan Anda dengan benar. Mencuci tangan sangat penting sebagai tindakan pencegahan terhadap berbagai infeksi penyakit. Cucilah tangan dengan sabun dan air jika memungkinkan.

Sumber: liniberita.com

Tags :
Konfirmasi Donasi