[:ID]FASILITATOR DESA BERDAYA GENCAR JALANKAN PROGRAM TPA BERTAKJIL[:]

[:ID]GUNUNG KIDUL. Dalam rangka menggiatkan TPA di Desa Berdaya Pacarejo Kecamatan Semanu Kabupaten Gunungkidul, Rumah Zakat melalui Fasilitator Desa Berdaya sedang menggulirkan program pendidikan melalui wadah Taman Pendidikan Al Quran (TPA) dengan konsep TPA Bertakjil. TPA Bertakjil ini diharapkan mampu mendorong para santri untuk lebih rajin datang ke TPA, tidak hanya bulan ramadhan saja.

“Matinya kegiatan TPA diluar bulan puasa melatarbelakangi dicetuskannya program TPA Bertakjil ini. Harapanya santri tetap bisa belajar Al Quran dan Agama secara umum di TPA tidak hanya di bulan puasa Ramadhan saja.Sedangkan takjil dijadikan cara untuk menambah minat santri untuk belajar di TPA sehingga TPA yang dibina Rumah Zakat dinamai TPA Bertakjil,” Ratno Sungkowo.

Sejak Agustus 2017 sampai dengan sekarang sudah ada 5 TPA Bertakjil yang berada di 5 dusun berbeda yaitu Masjid Nurrokhim di Dusun Jetis KulonĀ , Mushola Al Maun di Dusun Jetis Wetan, Masjid Asy – Syahid di Dusun Jonge, Mushola Nurul Hidayah di Dusun Serpeng Lor dan Mushola Nurul Musthofa di Dusun Jasem Kidul.

Selain memberikan takjil berupa jajanan pasar setiap kegiatan, TPA Bertakjil juga mengajak para santri TPA dengan sholat maghrib berjamaah. Tujuannya agar masjid semakin makmur karena ada tambahan jamaah sholat dari santri dan orangtua santri yang menjemput putra putrinya.

Tak hanya itu di TPA yang dibinanya, Retno juga mengadakan pengajian rurin bulanan orangtua/wali santri TPA.

Newsroom
Dani Suhardi / Lailatul Istikhomah[:]

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia