[:ID]FOOD TRUCK RUMAH ZAKAT BERSAMA LINKAJA DISTRIBUSI PAKET MAKANAN DI WILAYAH TERDAMPAK BANJIR, JAKARTA UTARA [:]

[:ID]

JAKARTA UTARA (07/01) – Pasca banjir, warga di kawasan Penjaringan Jakarta Utara mulai membersihkan material lumpur dan puing-puing sisa banjir di rumah masing-masing.

Salah satu kawasan terdampak cukup parah akibat banjir ini adalah di Desa Teluk Gong Penjaringan, Kelurahan Pejagalan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. RW 12 dan RW 13 dengan ketinggian banjir mencapai 2 Meter.

Pantauan tim Relawan Rumah Zakat Action di lokasi, kawasan permukiman ini berdampingan langsung dengan Kali Cagak. Menurut warga, lokasi ini memang merupakan lokasi langganan banjir lima tahunan. Hanya saja perbedannya pada tahun ini banjir bukan hanya disebabkan oleh kiriman air kali Cagak dan Banjir Kanal Barat, tetapi juga disebabkan oleh intensitas debit air hujan yang turun selama berjam-jam lamanya.

“Disini sebelumnya dipenuhi material lumpur dan sampah rumah tangga. Tapi alhamdulillah saat ini kondisinya sudah mulai bersih. Meskipun disejumlah fasilitas umum seperti sekolah, pesantren, dan tempat ibadah masih belum sepenuhnya bersih. Warga yang sempat mengungsi, sejak 2 hari yang lalu juga sudah pulang dari posko pengungsian.” Kata Joko (38) warga kepada tim Relawan Rumah Zakat Action.

Merespon hal tersebut, hari Selasa ini (07/01), tim Rumah Zakat Action bersama LinkAja menerjukan 12 Relawan, 2 Mobil Operational dan 1 Food Truck Hukanity ke RT 07/ RW 13, Desa Teluk Gong Penjaringan.

Relawan yang hadir memebagikan 300 paket makanan hasil donasi LinkAja untuk warga dan sekaligus melakukan aksi bersih-bersih di Pesantren Al-Muhajirin yang sempat terendam setinggi 2 meter yang mengakibatkan meja-kursi dan buku pelajaran LKS dan Buku Paket terendam.

Newsroom

Izzatul Yazid / Hanaa Afifah[:]

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia