GEJALA PENYAKIT INI SERING DIABAIKAN

gejala-penyakitSetiap penyakit punya gejala tersendiri yang membedakannya dengan penyakit lain, yang untungnya tidak semua memberikan indikasi penyakit yang parah. Namun ada beberapa penyakit yang memberikan gejala yang tidak boleh diabaikan untuk menghindari kondisi yang lebih parah.

Seperti dikutip dari www.webmd.com, ada 6 gejala penting sebuah penyakit yang perlu Anda pelajari dan kenali sebelum menjadi lebih parah, antara lain adalah

Pertama, kelumpuhan pada lengan atau kaki, kesemutan berkepanjangan, mati rasa, kebingungan, pusing, penglihatan ganda atau dobel, tiba-tiba bicara cadel atau kelumpuhan pada lidah, kesulitan menemukan kata-kata, merasa lemah, terutama pada satu sisi wajah atau tubuh.

Gejala ini adalah gejala umum yang memberikan tanda penyakit stroke atau serangan otak di mana arteri yang memasok oksigen tersumbat atau pecah sehingga menyebabkan jaringan pada otak mati. Jika sudah begini, maka kelumpuhan tidak bisa dihindari.

Namun ini tergantung pembuluh darah otak bagian mana yang tersumbat atau pecah, mungkin saja tidak menyerang seluruh tubuh, namun bisa juga menyerang pembuluh darah besar sehingga sebagian besar tubuh akan terpengaruh.

Kedua adalah nyeri atau sakit pada dada. Nyeri di lengan, rahang, atau leher, keluar keringat dingin; letih, lesu dan lemah berkepanjangan; mual, muntah, perasaan ingin pingsan dan sesak napas. Gejala tersebut adalah tanda adanya serangan jantung.

Jika sudah ada tanda tersebut, segera hubungi rumah sakit untuk mengirim ambulans. Karena kalau tidak segera ditangani, maka akan berakibat fatal. Namun untuk beberapa orang, khususnya wanita yang mengalami gejala atipikal, gejala bisa berlangsung lama dan tidak terjadi perubahan secara drastis seperti pingsan tiba-tiba, dan untuk hal ini Anda harus lebih berhati-hati.

Gejala ketiga adalah terdapat darah di dalam urin disertai rasa sakit. Gejala ini memberikan tanda adanya penyakit batu ginjal atau infeksi kandung kemih, jika pada lelaki bisa merupakan infeksi prostat sehingga perlu segera dibawa ke dokter. Jangan tunggu lama untuk menghubungi dokter meskipun Anda tidak merasa sakit, karena pembiaran hanya menjadikan penyakit semakin serius.

Gejala keempat adalah asma yang tidak kunjung membaik namun juga tidak bertambah buruk. Biasanya asma memberikan gejala umum seperti mengi atau susah bernafas. Jika serangan asma tidak segera diobati, akan menyebabkan banyaknya penumpukan karbon dioksida dalam darah dan kelelahan otot dada parah yang berujung pada kematian.

Gejala kelima adalah keinginan bunuh diri. Jika Anda sudah memiliki keinginan bunuh diri, maka sadar dan cepat hubungi dokter. Ini adalah gejala depresi yang sangat serius dan diperlukan perawatan untuk hal ini. Harus dipahami bahwa ada ketidakseimbangan kimia yang terjadi di otak dan depresi sama seriusnya dengan penyakit lainnya.

Gejalanya bisa berupa kesedihan yang mendalam, kelelahan, apatis, kecemasan, perubahan dalam kebiasaan tidur, dan kehilangan nafsu makan. Depresi dapat diobati dengan obat-obatan dan psikoterapi.

Jadi, jika Anda atau anggota keluarga mengalami salah satu gejala tersebut, maka jangan ragu untuk segera menghubungi dokter.

Sumber: liniberita.com

Tags :
Konfirmasi Donasi