GEMPA 7.0 SR GUNCANG LOMBOK, RUMAH ZAKAT KIRIM TIM EVAKUASI BESERTA 10.000 KORNET SUPERQURBAN

LOMBOK. Dampak gempa bumi 7 SR yang mengguncang wilayah Nusa Tenggara Barat pada Minggu (5/8/2018) pukul 18.46 WIB memberikan dampak yang luas. Berdasarkan informasi BNPB, hingga Senin dini hari (06/08) pukul 02.30 WIB tercatat 82 orang meninggal dunia akibat gempa, ratusan orang luka-luka, ribuan rumah mengalami kerusakan dan ribuan warga mengungsi ke tempat yang aman.

Daerah yang terparah adalah Kabupaten Lombok Utara, Lombok Timur dan Kota Mataram. Berdasarkan laporan dari BPBD Provinsi NTB, dari 82 orang yang meninggal dunia, korban berasal dari Kabupaten Lombok Utara 65 orang, Lombok Barat 9 orang, Lombok Tengah 2 orang, Kota Mataram 4 orang, dan Lombok Timur 2 orang. Sebagian besar korban meninggal akibat tertimpa bangunan yang roboh.

Di saat penanganan darurat dampak gempa 6,4 SR masih berlangsung, terutama di Kabupaten Lombok Utara dan Lombok Timur, tiba-tiba masyarakat diguncang gempa dengan kekuatan yang lebih besar. Masyarakat panik dan berhamburan di jalan-jalan dan bangunan dan rumah yang sebelumnya sudah rusak akibat gempa sebelumnya menjadi lebih rusak dan roboh.

Merespon kondisi tersebut, hari Senin ini (6/08) Rumah Zakat mengirimkan Relawan Evakuasi dari Bandung. Selain itu, 1 unit ambulance dan 1 unit mobil 4×4 WD juga dikirimkan untuk membantu proses evakuasi.

“Kami juga akan mengirimkan 10.000 kornet Superqurban untuk membantu pengadaan kebutuhan pangan di lokasi bencana. Saat ini dibutuhkan makanan cepat saji bagi pegungsi, karena kornet Superqurban ini siap makan, jadi cocok untuk kondisi darurat seperti sekarang,” jelas Nurmansyah, salah satu Relawan Rumah Zakat yang berangkat ke Lombok. “InsyaAllah kami berangkat dari Bandara Halim pukul 08.00 WIB pagi ini,” tambahnya.

Fokus utama bantuan adalah pencarian, penyelamatan dan pertolongan kepada masyarakat yang terdampak gempa serta pemenuhan kebutuhan dasar. Kebutuhan mendesak pengungsi diantaranya, tenaga medis, air bersih, bahan makanan, selimut, tikar, tenda, makanan siap saji, layanan trauma healing dan kebutuhan dasar lainnya.

Newsroom
Ria Arianti

Tags :
Konfirmasi Donasi