HARI GINJAL SEDUNIA, RUMAH ZAKAT AJAK WARGA SAYANGI GINJAL

HARI GINJAL SEDUNIA, RUMAH ZAKAT AJAK WARGA SAYANGI GINJALJAKARTA. Memperingati Hari Ginjal Sedunia yang jatuh pada tanggal 9 Maret, Cita Sehat Foundation dan Rumah Zakat menyambangi warga di kawasan Kampung Pemulung, Jln. Pancoran Buntu II, Jakarta Selatan pada (08/03).

Warga sekitar sangat antusias untuk mengikuti kegiatan hari ini. Kegiatan tersebut diisi dengan penyuluhan kesehatan mengenai gaya hidup sehat agar dapat menjaga kesehatan ginjal serta pemeriksaan kesehatan gratis yang terdiri dari pengukuran tekanan darah, pengecekan kadar asam urat, gula darah dan juga kolesterol.

Pada pukul 13.10 WIB acara dimulai dengan pembukaan dan sambutan oleh Edy selaku tokoh masyarakat yang juga perwakilan dari IPI (Ikaatan Pemulung Indonesia) didaerah tersebut. Edy mengatakan bahwa ia mengapresiasi sekali dengan diadakannnya kegiatan kesehatan di daerahnya sebagai bentuk perhatian dari Cita Sehat Foundation dan Rumah Zakat kepada warga disana.

Penyuluhan mengenai menjaga kesehatan ginjal disampaikan oleh Nurul Asri Septiyani, PIC Cita Sehat Jakarta Selatan. Materi yang dsampaikan antara lain 7 cara merawat kesehatan ginjal yaitu dengan cara::

  1. Melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit sehari
  2. Menjaga level kadar gula darah
  3. Tetap memantau tekanan darah
  4. menjaga kesehatan dengan memastikan asupan cairan yang cukup dengan minum 1,5 sampai 2 liter air per hari
  5. Makan sehat dengan gizi seimbang
  6. memeriksa berat badan, dan
  7. Jangan merokok

Nurul berhasil membangun kecerian diantara para warga. Ia menyampaikan materi dengan penuh semangat dan sikapnya yang ramah membuat para warga tak segan untuk bertanya. Sebanyak 50 orang warga tercatat hadir dalam kegiatan tersebut.

“Terima kash Cita Sehat dan Rumah Zakat atas kegiatan kesehatannya hari ini di kampung kami, saya jadi tahu bahwa tanggal 9 merupakan Hari Ginjal Sednunia. Berkat penyuluhan ini, saya akan lebih memperhatikan kesehatan ginjal saya. Tidak sampai disitu setelah penyuluhan, kami diberikan layanan kesehatan secara gratis. Terima kasih banyak,“ tutur Warni (41).

Newsroom/Nurul Rahayu

Jakarta

Tags :
Konfirmasi Donasi