HARI KANKER SEDUNIA: RZ EDUKASI PARA IBU TENTANG KANKER

HARI KANKER SEDUNIA PARA IBU DI PEJATEN TIMUR ANTUSIASJAKARTA. (18/02). Cita Sehat Foundation bersama Rumah Zakat mengadakan acara senam sehat dan penyuluhan kesehatan untuk memperingati Hari Kanker Sedunia di wilayah binaan ICD Pejaten Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Warga sudah berkumpul sejak pukul 07.00 WIB untuk mengikuti rangkaian kegiatan senam sehat sebagai pembuka kegiatan. Para ibu sangat bersemangat mengikuti gerakan instruktur senam.Hentakan irama musik senam yang menggairahkan menambah semangat para warga.

Senam sehat berakhir pada pukul 09.00 WIB. Kemudian para ibu istirahat dan minum sejenak, tak lama ibu-ibu kembali bersiap untuk mendengarkan penyuluhan kesehatan, yang pada kali ini mengangkat tema tentang kanker serviks dan payudara.

Materi penyuluhan kesehatan disampaikan oleh Anyta Ekaningsih, Public Health Cita Sehat Jakarta. Pada kegiatan ini diikuti oleh 36 peserta. Tujuan penyuluhan agar masyarakat dapat meningkatkan pengetahuan tentang kanker dan deteksi dini. Materi yang disampaikan yaitu pengetahuan dasar perbedaan kanker dan tumor, pengertian, tanda gejala, faktor resiko, pencegahan serta deteksi dini kanker payudara dan serviks.

“Berdasarkan data dari Kementrian Kesehatan, pada tahun 2017 ini diprediksikan hampir 9 juta orang meninggal akibat kanker dan akan terus meningkat hingga 13 juta orang per tahun di 2030. Di Indonesia angka kejadian penyakit kanker juga cukup tinggi, terutama kanker serviks dan payudara,” ungkap Anyta.

Para ibu sangat antusias menyimak penyuluhan kali ini, banyak diantara mereka yang mengajukan pertanyaan seputar kanker terutama terkait bagaimana pencegahan dan cara melakukan deteksi dini kanker serviks dan payudara.

“Upaya skrining kanker serviks bisa dilakukan dengan metode Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA test) dan untuk kanker payudara dengan edukasi Periksa Payudara Sendiri (SADARI) dan Pemeriksaan Payudara Klinis (SADANIS),” papar Anyta kepada salah satu penanya.

Menindaklanjuti antusias yang sangat baik dari masyarakat, Cita Sehat Foundation bersama Rumah Zakat berencana melakukan siaga sehat deteksi dini kanker pada minggu depan dengan melakukan IVA test dan SADANIS di Klinik RBG RZ Jakarta Timur.

“Saya sangat senang mengikuti kegiatan hari ini, karena setelah senam sehat ada penyuluhan tentang kanker. Pengetahuan itu sangat penting, bagus sekali terutama karena saya seorang ibu yang harus juga menjaga kesehatan. Saya jadi tahu lebih banyak tentang penyakit kanker setelah mengikuti penyuluhan ini. Terimakasih Cita Sehat dan Rumah Zakat,” tutur Siti Aisyah (30), salah satu peserta kegiatan.

World Cancer Day 2017: We Can, I Can. “Setiap orang baik secara bersama atau individu bisa mengambil peran dalam mengurangi beban dan permasalahan kanker.”

Newsroom/Nurul Rahayu
Jakarta

Tags :
Konfirmasi Donasi