HATI-HATI, MAKANAN INI BISA BIKIN KERACUNAN!

Keracunan makanan bisa menyebabkan kematian. Makanan yang menyebabkan keracunan biasanya terkontaminasi bakteri atau virus. Karena nggak kelihatan jadi memang susah mendeteksinya. Namun, bukan berarti nggak bisa dihindari. Berikut ini beberapa makanan yang saat memakannya kamu harus berhati-hati.

1. Sayuran hijau daun
Selada, bayam, kale, kol, dan sejenisnya. Sayuran hijau daun bisa bikin keracunan gara-gara kontaminasi air untuk mencuci yang nggak bersih atau tangan yang kotor saat membeli. Pastikan tangan dan alat yang kamu gunakan bersih saat mau mengolah atau memakan sayuran hijau daun.

2. Telur

Penyebab telur bikin keracunan adalah karena bakteri Salmonella. Bakteri ini bisa masuk ke dalam telur. Jadi, kunci menghindar dari terjadinya keracunan adalah memasak dengan benar. Hindari telur mentah atau makanan yang mengandung telur mentah.

3. Daging

Daging sapi atau ayam yang tidak dimasak sampai matang bisa jadi sumber keracunan makanan.

4. Kerang

Kerang yang disajikan mentah atau nggak benar-benar matang beresiko terkontaminasi norovirus dan bakteri Vibrio vulnificus. Kontaminan itu bisa muncul saat kerang berada di laut atau saat kerang ditangani dan diolah.

5. Susu yang belum dipasteurisasi

Kalau minum susu langsung dari perahan harus hati-hati juga. Karena rentan banget terkena bakteri Salmonella, Campylobacter, dan E. coli. Sehingga minum susu yang belum dipasteurisasi terutama ibu hamil atau orang yang sistem pertahanan tubuhnya rendah memang perlu dihindari. Susu dipasteurisasi atau dipanaskan untuk menghilangkan bakteri atau virus yang berbahaya.

Pengen tetep makan makanan itu tapi tetep aman?

– Pastikan tangan dan alat-alat buat mengolah makanan-makanan itu bersih.
– Pisahkan makanan mentah dan makanan matang yang siap dimakan.
– Pastikan makanan-makanan itu dimasak dengan suhu yang sesuai alias sampai matang.
– Paling tidak 2 jam setelah makanan yang mudah rusak seperti daging, sayur, buah dibeli, simpanlah di tempat yang dingin atau beku.

Buang makanan yang meragukan. Kalau misalnya lupa menaruh makanan di luar kulkas, makanan itu beresiko banget sudah terkontaminasi bakteri atau racun. Sehingga jika ragu apakah makanan itu masih layak konsumsi atau nggak, meskipun penampakan dan baunya baik-baik aja, untuk amannya sebaiknya makanan itu nggak dikonsumsi.

Semoga bermanfaat.

Sumber: annida-online.com

Tags :
Konfirmasi Donasi