[:ID]HATI-HATI, MASKER BISA JADI SUMBER PENULARAN COVID-19[:]

[:ID]Masker merupakan alat pelindung diri yang bisa melindungi diri dari menularkan virus corona tipe baru kepada orang di sekitar. Namun, bila digunakan dengan tidak bijak, masker justru bisa menjadi media penularan.

Ahli respirologi anak dr Madeleine Ramdhani Jasin SpA mengatakan, masker yang sudah dipakai, pembuangannya juga harus benar. Jangan dibuang sembarangan atau diletakkan sembarang.

“Bagian yang berwarna akan menangkap virus, kuman, kalau buang sembarangan, tentu akan menjadi sumber penularan. Jadi kalau sudah selesai pakai masker, dibuka, kemudian dibuang ke tong sampah yang benar dan tepat,” sarannya dalam Tanya Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Live Instagram melalu akun resmi IDAI, pekan lalu.

Jika masker ingin dipakai kembali, perhatikan cara menyimpannya. Masker medis memang boleh digunakan berulang, bahkan boleh sampai satu hari. Syaratnya, tentu masker harus terjaga keadaannya yakni, tidak kotor, tidak basah, dan tidak rusak.

Masker yang akan digunakan kembali, harus disimpan dengan benar. Masker dibuka dari talinya, bukan bagian depannya karena bagian itu menangkap virus. Setelah itu, lipat masker dengan menempatkan bagian putih di luar dan bagian berwarna di dalam.

“Masukkan masker bekas pakai ke dalam kantong atau ke dalam palstik dan simpanlah.”

sumber: republika.co.id[:]

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia