HINDARI GUNAKAN PENGERING TANGAN DI TOILET

Selain tisu, salah satu pembersih tangah yang kerap tersedia di toilet umum adalah pengering tangan. Alat ini biasanya terletak di samping wastafel. Secara sederhana, alat pengering ini mengeluarkan angin dan hawa panas pada saat tangan berada di bawahnya.

Namun, menggunakan alat pengering ini ternyata dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan. Seperti dilansir Times of India, beberapa waktu lalu, berbagai ahli kesehatan menyebutkan, alat pengering tangan ini dapat menghisap berbagai bakteri dan kuman di toilet tersebut, meskipun toilet tersebut terlihat bersih. Alhasil, saat menggunakan pengering tangan, maka Anda sangat rentan terkena infeksi dan alergi yang disebabkan karena kuman atau bakteri.

Bakteri Escherichia coli merupakan bakteri yang kerap terdapat di dalam kotoran manusia. Bakteri pun dapat tersebar pada saat orang buang air besar di toilet umum. Lantaran pengering tangan bisa menghisap bakteri dan kuman, maka menempatkan tangan di bawah alat pengering tersebut justru akan membuat Anda rentan terkena gangguan kesehatan, seperti keracunan makanan.

Sejumlah ilmuwan sempat melakukan uji coba terhadap aspek higienitas yang ditimbulkan alat pengering tangan. Para peneliti tersebut menempatkan sebuah plat khusus di bawah alat pengering tangan selama 30 detik. Hasilnya, sekitar 18 hingga 60 koloni bakteri ditemukan di plat tersebut. Tidak hanya itu, peneliti juga menyimpulkan, saat terpapar hawa panas dari alat pengering tersebut, tangan bisa menjadi tempat berkembangnya patogen dan bakteri.

Sejumlah studi menyebut, tidak mungkin rasanya bisa sepenuhnya terbebas dari kemungkinan terkena bakteri dan kuman pada saat menggunakan fasilitas toilet umum. Namun, kemungkinan untuk terkena infeksi bakteri menjadi lebih besar pada saat Anda menggunakan alat pengering tangan. Akhirnya, menghindari penggunaan alat pengering tangan dianggap bisa menjadi solusi sederhana. Alih-alih menggunakan alat pencuci tangan, Anda dianjurkan untuk menggunakan tisu ataupun handuk setelah membersihkan tangan Anda di wastafel.

Sumber : republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi