INI CARA MASAK YANG MEMBUAT GIZI SAYURAN HILANG

sayuran-yang-akan-dimasak-_160202111046-223Ibu perlu memaksimalkan nutrisi dalam sayuran yang dimakan anggota keluarga. Banyak kebiasaan umum dalam memasak yang justru membuat gizi sayuran hilang. Tahukah Anda?

Contoh sederhananya, Anda perlu membiarkan bawang putih 10 menit setelah diiris sebelum memasaknya. Penanganan bawang putih ternyata berbeda dengan bawang merah yang justru harus langsung diolah begitu dikupas.

Waktunya untuk mengubah kebiasaan-kebiasaan di bawah ini supaya Anda dan keluarga tetap bisa menikmati sayuran kaya gizi, dilansir dari The Kitchn.

Menyimpan selada di kulkas
Anda mungkin berpikir membeli banyak sayuran sekaligus kemudian menyimpannya di kulkas untuk digunakan dalam waktu sepekan atau lebih. Sayuran seperti selada meski tetap segar disimpan di kulkas sesungguhnya hanya bagus dikonsumsi dalam 1-2 hari. Jika lebih dari itu, kandungan fitonutriennya akan hilang.

Merebus bayam lama

Anda mungkin pernah mendengar merebus sayuran dalam waktu cukup lama hanya membuang vitamin yang larut dalam air, seperti vitamin C. Anda mungkin tidak tahu bahwa merebus sayuran seperti bayam terlalu lama akan mengurangi kandungan antioksidan di dalamnya.

Setelah 10 menit mendidih, tiga per empat dari konten phytonutrisi bayam tidak terdapat dalam sayurannya lagi, melainkan di air rebusannya. Mengukus, menumis, atau memanggang bayam dinilai lebih baik karena tidak menempatkan sayuran dalam kontak langsung dengan air. Gizinya pun tetap utuh di piring.

Makan salad dengan saus bebas lemak
Selama beberapa tahun banyak orang berpendapat bahwa tubuh menyerap lebih banyak nutrisi jika makan salad dengan saus mengandung lemak. Tahukah Anda? Kebanyakan salad komersial saat ini menggunakan minyak kedelai. Padahal, makan salad dengan minyak zaitun extra-virgin jauh lebih efektif menjaga keutuhan nutrisi di dalamnya.

Iris bawang putih terlalu cepat
Jika Anda sudah mengiris atau menggiling bawang putih, maka jangan buru-buru dimasukkan ke wajan. Jika Anda melakukannya, maka Anda akan kehilangan zat allicin, senyawa gizi dalam bawang putih.

Enzim yang menghasilkan allicin tidak akan aktif sampai dinding sel bawang putih pecah. Membiarkan bawang putih 10 menit sebelum mengeksposenya ke panas wajan memberi waktu Anda menyiapkan hidangan dengan jumlah allicin maksimal. Merajang bawang putih dengan cara menekannya terlebih dahulu lebih baik ketimbang langsung mencincangnya. Ini berguna untuk mempercepat pemecahan allicin.

Memotong wortel
Wortel adalah salah satu jenis sayuran yang kandungan gizinya lebih tinggi dalam kondisi utuh ketimbang setelah dipotong atau dicincang. Memasak wortel utuh membuat nutrisi di dalamnya lebih mudah diserap tubuh.

Sumber: republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi