INI LOH MANFAAT BUAH DAN SAYUR UNTUK KESEHATAN

buah saladSaluran cerna merupakan bagian penting dalam tubuh kita. Sebab menurut Konsultan Gastrohepatologi Anak, RS Awal Bros Evasari Jakarta, Dr Frieda Handayani Kawanto, SpA(K), sebanyak 70 sampai 80 persen sel imun tubuh berada pada saluran pencernaan. Selain itu, mikrobiota di dalam saluran pencernaan membantu mencegah infeksi patogen.

“Bukan hanya itu 95 persen serotonin (hormon yang berperan terhadap perasaan) terdapat di saluran pencernaan. Hormon ini merupakan hormon pembawa kebahagiaan,” ungkapnya kepada wartawan dalam acara Peluncuran Program Edukasi Kebiasaan Makan Sehat yang diselenggarakan Sari Husada di Jakarta, belum lama ini.

Menurutnya, jika saluran cerna sehat maka akan banyak manfaat yang bisa dirasakan. Saluran pencernaan berperan penting mendukung tumbuh kembang optimal si kecil. Saluran cerna berfungsi untuk menjamin penyerapan nutrisi dan cairan, penghalang agen penginfeksi, serat dapat menurunkan kejadian peradangan dan polip di saluran cerna serta memicu toleransi mukosa dan sistemik untuk mencegah alergi.

Agar saluran cerna sehat, menurutnya kita membutuhkan asupan buah dan sayur setiap kali makan. Sebab buah dan sayur memiliki peranan penting bagi kesehatan pencernaan. Apa saja fungsinya?

Yang pertama, mendukung sistem perncernaan, karena mengandung serat yang berperan melancarkan pencernaan, mengurangi resiko konstipasi atau sembelit serta membantu mencegah perdarahan pada usus dan penyakit usus.

Kedua, membantu pertumbuhan dan memiliki berbagai vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk mendukung proses akumulasi massa tulang pada masa pertumbuhan. Ketiga, memperkuat daya tahan tubuh serta antioksidan yang banyak ditemukan di dalam buah dan sayur yang dapat membantu mencegah penyakit. Keempat, mampu meningkatkan kemampuan belajar serta mendukung proses belajar dan memori jangka panjang yang lebih baik.

Sumber: republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi