INI MANFAAT PUASA SEMINGGU SEKALI

puasa-ilustrasi-_120525225637-979Tubuh kita membutuhkan sedikit waktu untuk mengistirahatkan beberapa sistemnya. Cara yang paling baik dilakukan adalah dengan melakukan puasa.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa puasa seminggu sekali atau sebulan sekali bisa memberikan dampak yang sangat baik bagi kesehatan. Bagi seorang Muslim, puasa sunnah yang dianjurkan adalah dua kali sepekan, yakni Senin dan Kamis. Puasa akan memberikan istirahat yang cukup bagi tubuh. Dilansir Boldsky, berikut manfaat dari berpuasa rutin bagi tubuh manusia:

Membantu menurunkan berat badan

Tidak diragukan lagi, asupan makanan memiliki dampak langsung pada berat badan. Dengan menghindari makan dengan melakukan puasa seminggu sekali, tubuh akan memberikan respons positif untuk mengurangi berat badan. Lemak yang disimpan akan digunakan sebagai energi dan ini menjadi cara terbaik untuk mengurangi berat badan.

Meningkatkan fungsi otak

Puasa adalah obat terbaik untuk meningkatkan fungsi otak dalam merangsang sel-sel. Puasa akan meningkatkan produksi protein bernama neurotrophic factor (BDNF). Ini dapat memicu banyak bahan kimia yang mendukung kesehatan sel-sel otak.

Meningkatkan sistem kekebalan

Puasa dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini akan membantu untuk melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel potensial. Selain itu, dapat mengurangi stres dalam diri.

Menghindari jerawat

Puasa membantu menangkal racun yang biasanya menjadi alasan utama masalah kulit seperti jerawat. Dengan melakukan puasa sesekali dapat membantu detoksifikasi tubuh. Ini juga akan membuat kulit menjadi lebih indah dan cerah.


Membantu tetap awet muda

Puasa dapat menghilangkan racun berbahaya dalam tubuh. Detoksifikasi ini akan membantu untuk mempertahankan kemudaan seseorang. Selain itu, cara ini dapat membantu menjadi solusi masalah kecantikan seperti jerawat, pigmentasi kulit dan rambut rontok.

Sumber: republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi