INI PRINSIP DIET YANG HARUS ANDA KETAHUI

DietProses penurunan berat badan bukan hanya dipengaruhi oleh faktor makanan, tetapi juga aktivitas dan metabolisme tubuh. Jadi, diet saja tentu tidak cukup untuk menjaga berat badan tetap pada kondisi sehat dan ideal. Pengaturan diet (makanan) yang baik harus diimbangi pula dengan perencanaan dan pelaksanaan aktivitas fisik yang sesuai.

Dalam situasi banyaknya metode diet yang dikenal saat ini, secara prinsip sebetulnya pengaturan diet untuk menurunkan badan tidak terlalu rumit. Metode diet apapun yang dilakukan bisa jadi sangat beragam, tetapi tetap harus sesuai dengan prinsip penurunan berat badan yang sehat.

Ini adalah beberapa prinsip utama dalam penurunan berat badan yang sudah relatif diakui oleh banyak ahli kesehatan di antaranya:

1. Memulai melaksanakan rencana penurunan berat badan saat ini juga dan tidak menunda-nunda.

2. Target penurunan berat badan berada pada rentang yang sehat, yakni sekitar 0,5 kg dalam seminggu. Untuk kondisi ibu Yanti, maka berat badan ideal bisa dicapai dalam waktu sekitar 20 minggu, atau 5 bulan.

3. Tetap sarapan dan sebisa mungkin lebih pagi.

4. Tidak mengurangi kalori terlalu ekstrim, sebab justru akan memperlambat metabolisme dan menyebabkan penumpukan lemak.

5. Memiliih jenis makanan yang tepat, yakni mengurangi karbohidrat dan lemak, serta memperbanyak serat, sayur, dan buah.

6. Memperbanyak minum air putih, minimal 2 liter per hari atau setara dengan 8-10 gelas.

7. Melakukan olahraga yang bersifat aerobik minimal 3-4 kali dalam seminggu dengan durasi minimal 30-60 menit setiap kali olahraga

8. Memakan 5 porsi sayur dan buah setiap hari.

Disamping itu, dalam upaya kita menurunkan berat badan, biasanya ada beberapa hal penting yang seringkali mengganjal, yakni:

1. Memakan bagian makanan yang tinggi lemak, seperti kulit ayam.
2. Menggunakan terlalu banyak gula pada minuman.
3. Terlalu banyak kudapan (camilan) yang tinggi kalori, seperti keripik singkong, kentang, dll.

Tags :
Konfirmasi Donasi