INI YANG PERLU DIKETAHUI DARI MINYAK KELAPA

minyak-kelapa-ilustrasi-_150907092450-837Minyak kelapa merupakan salah satu bahan makanan yang kerap digunakan saat memasak. Mulai dari kue hingga beragam jenis masakan bisa menggunakan minyak ini. Namun seperti dilansir The Kitchn, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memasak dengan minyak kelapa:


Minyak kelapa memiliki titik lebur 76 derajat Fahrenheit

Berbeda dengan minyak lainnya, minyak kelapa dapat mencair atau solid itu semua bergantung pada suhu di mana minyak disimpan. Ketika disimpan di bawah 76 derajat Fahrenheit, itu akan tetap dan solid namun pada temperatur tinggi, maka akan mencair menjadi cair.


Minyak kelapa dapat mengganti 1:1 lemak lainnya

Minyak kelapa dapat menjadi pengganti mentega dan minyak lainnya, seperti minyak zaitun, minyak canola, dan minyak sayur. Terlepas dari jenis lemak yang digunakan dalam resep, minyak kelapa dapat menggantikan lemak lain dengan jumlah yang sama dengan resep.

Minyak kelapa dapat menggantikan mentega
Dalam keadaan solid, minyak kelapa dapat menggantikan mentega. Minyak kelapa padat memiliki tekstur paling mirip dengan mentega.

Gunakan bahan dengan suhu ruangan saat memasak kue menggunakan minyak kelapa
Memasak kue dengan minyak kelapa harus menggunakan bahan dengan suhu kamar. Sebab bila minyak dicampur dengan bahan dingin misalnya minyak kelapa akan membeku saat terkena bahan dingin. Cara terbaik untuk mencegah hal ini terjadi adalah untuk mencampur bahan lainnya, seperti susu dan telur dengan suhu kamar sebelum pencampuran bahan bersama-sama.

Minyak kelapa juga dapat digunakan untuk mengolesi panci panggangan
Minyak kelapa dapat digunakan sebagai pelapis di loyang agar kue tak lengket saat dikeluarkan dari loyang atau cetakkan.

Mencicipi minyak kelapa opsional
Sesuatu yang menarik dari memasak dengan minyak kelapa adalah dapat mengontrol rasanya. Minyak yang didapat dari minyak kelapa mentah atau biasa disebut virgin coconut oil berbeda rasanya dengan minyak yang didapat dari daging kelapa kering.

Sumber: republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi