INILAH PENYEBAB MATA CEPAT LELAH

Apakah Anda sering merasaka mata berat, gatal, dan perih. Sangat lelah sampai-sampai tidak kuat melek lama-lama. Kenapa bisa seperti itu? Cek this out:

1. Terlalu lama pakai gadget

Salah satu penyebab paling umum yang bikin mata cepat terasa lelah adalah terlalu lama pakai gadget. Melihat layar personal computer, smartphone, atau kebanyakan main video games. Melihat gadget terus-terusan membuat mata jarang berkedip. Normalnya orang akan berkedip 18 kali semenit untuk membuat mata lebih fresh. Tapi, orang yang kebanyakan meliat gadget cuma berkedip separo kalinya dan itu membuat mata kering.

Istirahatkan mata dengan menjauhi layar komputer sementara waktu, paling nggak sejam sekali.

2. Cahaya yang buruk

Membaca dengan pencahayaan buruk (terlalu terang atau terlalu gelap) bisa bikin otot mata bekerja terlalu keras.

3. Terlalu lama melakukan aktivitas

Terlalu lama membaca, terlalu lama menulis, atau terlalu lama menyetir, juga bisa menjadi penyebab mata cepat lelah.

4. Mata yang memang sudah nggak sehat

Orang yang memang memiliki masalah dengan mata, misalnya cacat mata seperti rabun jauh, rabun dekat, astigmatisma, dan lain-lain, tetapi nggak pakai alat bantu penglihatan rentan banget mengalami mata yang cepat lelah. Karena otot mata dipaksa melihat di luar batas kemampuan.

Kalau sudah tahu penyebabnya, Anda bisa melakukan langkah untuk mengatasinya. Kalau memang karena terlalu banyak melakukan aktivitas, luangkanlah waktu sejenak untuk memenuhi hak istirahat mata. Kalau memang karena mata yang sudah bermasalah, lebih baik segera berkonsultasi dengan dokter mata biar nggak tambah parah.

Semoga bermanfaat.

Sumber: annida-online.com

Tags :
Konfirmasi Donasi