INTIP SERUNYA PERJUSA SD JUARA PEKANBARU

intip-serunya-perjusa-sd-juara-pekanbaruPEKANBARU. Kegiatan Perkemahan Jum’at-Sabtu (Perjusa) SD Juara Pekanbaru yang diadakan pada hari Jum’at (09/12) hingga Sabtu (10/12) diadakan di Balai Benih Hortikultura di bawah naungan Dinas Pertanian Provinsi Riau. Kegiatan ini adalah Kegiatan Perkemahan Pertama yang diadakan sendiri oleh SD Juara Pekanbaru untuk Peserta Didik SD Juara Pekanbaru.

Perjusa ini terdiri dari 6 Kelompok. Satu diantara setiap kelompok dipilih menjadi Ketua Kelompok: Attailah Adi Saputra, Ivan Antoni, Lajjang Lail Nurjati, Zhahara, Dinda Maharani, Regina Riani Putri. Ketua Kelompok bertanggungjawab terhadap masalah yang terjadi pada regunya. Ia juga membagi masing-masing tugas anggota kelompok diantaranya mendirikan dan membersihkan tenda, mengambil air, dan yang lain membantu merapikan peralatan kelompoknya.

Dalam hal ini Pak Suriksodi Saputro, S.T selaku kepala sekolah SD Juara Pekanbaru didaulat untuk membuka Upacara. Para Guru juga ikut serta dalam menyukseskan kegiatan ini dengan pembagian jadwal kepanitiaan yang sudah dimulai sejak Jum’at pagi. Para guru perempuan turut serta dalam pengadaan konsumsi serta persiapan awal Peserta Didik.

Di agenda Malam Api Unggun para peserta Perjusa menampilkan Pentas Seninya masing-masing, hal tersebut bertujuan untuk melatih kemandirian Peserta Didik agar bisa bertahan hidup. Setiap kelompok diminta untuk menampilkan kreatifitasnya masing-masing dengan menampilkan yel-yel. Agenda ini dipandu oleh pak Taufik dan pak Bayu selaku Pembina Pramuka, dibantu pula oleh bu Rusmiati dan bu Meutia Raya Fitri.
Alhamdulillaah, Peserta Didik mampu menampilkan keberanian dan kekompakannya. Agenda ini berlangsung hingga pukul 22.00 WIB.

Keesokan harinya, Sabtu (10/12) sekitar pukul 04.00 dini hari, Peserta Didik melaksanakan Sholat Tahajud berjama’ah dengan Imam Hassan Abdul Aziz. Kemudian dilanjutkan dengan Sholat Shubuh berjam’ah. Setelah itu, Peserta Didik pun Jogging mengelilingi Kawasan Perkemahan. Untuk Peserta Didik yang mendapat tugas piket, mereka mempersiapkan Sarapan Pagi secara berkelompok dan membersihkan tenda serta peralatan milik kelompok. Setiap kegiatan sholat dalam kegiatan Perjusa tersebut dilakukan secara berjama’ah.

Untuk melatih kekompakan dan ketangkasan, anak-anak pun disuguhkan games kekompakan memindahkan bola dengan meenggunakan tangkai daun secara berkelompok. Melalui games ini selain melatih kekompakan juga dapat melatih kejujuran mereka. Setelah itu, mereka juga harus melewati 4 Posko, berupa Rintangan Galah, Rambutan Runtuh, Spiderman, Bajak Sawah dipandu oleh beberapa guru. Di akhir, setelah puas melakuykan beragam games seru, anak-anak pun menikmati segarnya air kolam dengan memasuki lumpur di Posko Bajak Sawah.

Setelah itu, agenda dilanjutkan dengan membersihkan diri dan dilanjutkan dengan Upacara Penutupan.
Alhamdulillaah, setelah agenda ini dilanjutkan dengan pembagian hadiah berdasarkan kekompakan kelompok, kebersihan kelompok, dan kriteria lainnya. Mereka masing-masing mendapatkan hadiah berupa kaos kaki.

“Alhamdulillaah anak-anak mandiri, sudah bisa memasak telur dadar sendiri”, ujar Bu Mira Zulrahmi salah seorang Guru SD Juara Pekanbaru. Pak Pujiono, House Hold SD Juara Pekanbaru yang banyak membantu dalam pengadaan Konsumsi di SD Juara Pekanbaru, menyatakan, ”Perjusa ini mengajarkan kedisiplinan anak, untuk menggalang persaudaraan dan kekompakan kelompok.” katanya.

Sekitar pukul 14.00 WIB Peserta Didik kembali ke rumah masing-masing setelah sebelumnya membongkar tenda dan mengumpulkan kembali barang-barang yang telah digunakan.  ”Semoga kegiatan ini memberikan manfaat dan dapat diteruskan lebih baik lagi. Salam Pramuka.” pungkas pak Suriksodi.

Newsroom/Muhammad Bayu Putra
Pekanbaru

Tags :
Konfirmasi Donasi