INVESTASI APA YANG PALING BAIK?

sky-clouds-3wax Oleh: Ahmad Gozali

Banyak yang bertanya investasikan apakah yang paling bagus? Apakah dalam bentuk emas, properti, reksdana, deposito, saham, atau apa?

Pertanyaan seperti ini sama saja dengan bertanya “makanan apa yang paling enak?” Tentu jawabannya menjadi subjektif. Tergantung pada selera, tergantung pada daya belinya juga. Yang biasanya hanya jajan di sekitar rumah akan menyebutkan makanan paling enak yang pernah dia rasakan di sekitar rumahnya. Yang pernah punya kesempatan ke luar negeri mungkin menyebutkan makanan asing yang orang lain bahkan tidak pernah mendengarnya.

Terlepas dari apa jawaban dari setiap orang yang berbeda. Walaupun sudah tahu makanan apa yang paling enak bagi mereka, rasanya tidak akan makan itu terus sepanjang hari. Dan kalaupun sering makan makanan yang paling enak tadi, tentu juga harus ditemani dengan makanan lainnya.

Misalnya ada yang menjawab sate kambing adalah makanan paling enak. Apakah ia akan makan sate kambing saat sarapan, makan siang, dan makan malam? Apakah ia akan makan itu hari ini, besok, lusa dan seterusnya? Dan saat makan sate kambing pun, apakah tidak juga makan yang lainnya?

Kembali ke masalah investasi yang terbaik, jawabannya bisa jadi berbeda-beda bergantung pada pertimbangan tiap investor. Bagi investor yang mementingkan kepastian nilai dan tidak keberatan dengan hasil yang rendah, maka investasi terbaik baginya adalah deposito. Investor yang ingin menguasai sendiri investasinya secara fisik dan bisa mengimbangi inflasi, maka emas adalah jawaban terbaik. Tapi bagi mereka yang agresif ingin keuntungan besar, dan tidak keberatan jika sesekali merugi maka reksadana dan saham menjadi pilihan baginya. Tapi bagi investor yang ingin ada keuntungan rutin bulanan sambil dan juga kenaikan harga, tapi tidak berharap bisa cepat menjual saat diperlukan, maka properti akan menjadi investasi terbaik baginya.

Dan kalaupun setiap orang sudah menentukan investasi apa yang terbaik baginya, tidak disarankan menempatkan semua dana kita hanya ke dalam satu jenis investasi. Sama seperti makanan yang akan menjadi tidak sehat kalau kita hanya makan satu jenis makanan saja. Makanan yang paling enak dan sehat adalah kombinasi karbohidrat, protein, vitamin, rasa, tekstur yang bervariasi. Maka investasi yang terbaik adalah investasi ke dalam beberapa produk investasi menjadi sebuah portfolio.

Portfolio utamanya adalah yang sesuai dengan kebutuhannya, apakah itu keuntungan besar, kepastian, atau yang lainnya. Dan portfolio pendamping yang harus ada dalam setiap menu harta kita adalah tabungan untuk kelancaran likuiditas, emas untuk melindungi inflasi, asuransi untuk menjaga risiko.

Tags :
Konfirmasi Donasi