JANGAN MASUK RUMAH PAKAI SEPATU

Melepas alas kaki saat masuk rumah adalah kebiasaan yang umum dilakukan masyarakat. Namun masih ada juga yang menganggap kebiasaan ini sebagai hal yang remeh. Tak jarang ada juga orang yang membiarkan kakinya masih memakai sepatu atau sandal dari luar ketika memasuki rumah.

Padahal, membawa masuk sepatu atau sandal ke dalam rumah termasuk perbuatan ‘haram’ jika ditinjau dari segi kesehatan. Dengan melanggengkan kebiasaan ini, sama artinya mengundang segerombolan kuman dan bakteri masuk ke rumah.

Dilansir dari Independent, Dr Charles Gerba yang merupakan ahli mikrobiologi menemukan ada sekitar 421 ribu bakteri yang ada di luar rumah dan 2.887 di dalam rumah. Profesor di Universitas Arizona dan timnya tersebut mendapati banyak bakteri yang membawa penyakit termasuk Escherichia coli, Klebsiella pneumonia, dan Serratia ficaria. Semuanya bisa mengakibatkan penyakit serius.

“Mikroba hidup di sekitar kita dan akan menempel di setiap permukaan yang bersinggungan,” jelas Michael Loughlin, kepala dosen sains dan teknologi di Nottingham Trent University.

Loughlin menilai bakteri atau mikroba yang menempel di sepatu tidak berbahaya kecuali bila si pemakai menginjak kotoran hewan atau manusia. “Bakteri yang menempel di sepatu berasal dari apa yang diinjak. Jadi pastikan sepatu Anda bersih sebelum masuk rumah,” katanya. Menurutnya dengan rajin membersihkan alas kaki, risiko terkena penyakit akibat bakteri pun semakin rendah.

Pendapat ini didukung oleh hasil studi yang dilakukan oleh kelompok ilmuwan dari Universitas Houston. Mereka meneliti keberadaan bakteri Clostridium difficile yang diperoleh dari 2.500 sampel sepatu di Houston. Penelitian ini dilakukan selama rentang waktu 2013 hingga 2015. Hasilnya 26,4 persen sepatu sampel dinyatakan positif bakteri Clostridium difficile.

Namun, bukan berarti bakteri dan kuman akan menempel selamanya di sepatu. Dari penelitian Gerba diketahui jika membersihkan alas kaki berdampak besar terhadap kesehatan. Selama dua pekan dipakai di luar ruangan, sandal atau sepatu menjadi tempat berkumpulnya 440 ribu bakteri. Membersihkan alas kaki dengan deterjen disebut mampu mengurangi jumlah bakteri hingga 90 persen.

Sumber : republika.co.id

 

Tags :
Konfirmasi Donasi