JUMANTIK CILIK RZ MEDAN KEMBALI BERAKSI

foto JumantikMEDAN. Para Kader Jumantik (Juru Pemantau Jentik) Cilik kembali melaksanakan aksinya untuk memeriksa jentik-jentik nyamuk pada Rabu (04/12) di rumah warga di sekitar lingkungan IV ICD Medan Sunggal. Kegiatan ini dilakukan secara berkesinambungan setiap satu minggu sekali dilakukan agar perkembangbiakan jentik nyamuk tidak sampai menjadi nyamuk dewasa yang pada akhirnya dapat mengganggu kesehatan masyarakat.

Kegiatan ini berlangsung dari pukul 14.30 s/d 16.00 WIB dilakukan oleh 10 orang siswa SD kelas 5 dan 6. Terdiri dari 6 orang siswa perempuan dan 4 orang siswa laki-laki dengan jumlah penerima manfaat 192 orang, laki-laki 84 orang dan perempuan 98 orang. Kegiatan ini sudah berlangsung selama 2 bulan secara berkesinambungan setiap seminggu sekali.

Kegiatan ini berjalan lancar, meskipun ada beberapa warga masyarakat yang tidak berkenan rumahnya diperiksa karena berbagai alasan. Meskipun demikian, Kader Jumatik Cilik ini tetap semangat melaksanakan kegiatan ini yang merupakan bentuk kepedulian terhadap lingkungan.

“Pemeriksaan jentik nyamuk di rumah merupakan salah indikator PHBS tataran Rumah Tangga. Sehingga kegiatan ini merupakan salah satu bentuk intervensi agar masyarakat peduli terhadap kebersihan lingkungan. Kegiatan seperti ini sangat membantu masyarakat sekitar wilayah ICD agar mereka lebih peduli terhadap kesehatan lingkungan” tutur Zuraidah.***
Newsroom/Vilino Melda Sitepu
Medan

Tags :
Konfirmasi Donasi