KEISTIMEWAAN KACANG PISTACHIO

Pistachio sudah dikonsumsi sejak 7000 sebelum masehi (SM). Kepopulerannya kini kian dinikmati dalam es krim hingga hidangan penutup.

Kacang Pistachio memang terkenal dengan rasanya enak. Sebagian negara mengonsumsi kacang ini sebagai kudapan. Namun, banyak negara juga mengolahnya menjadi aneka toping makanan.

Di Indonesia, pistachio merupakan jenis kacang yang dibanderol cukup mahal. Namun, dibalik harganya yang mahal dan rasanya yang lezat, pistachio ternyata mengandung sejumlah manfaat baik bagi kesehatan tubuh.

Dilansir melaluiĀ ecowatch.com, Senin (28/10), pistachio merupakan jenis kacang yang tinggi kandungan vitamin B6. Seperti diketahui, vitamin B6 bagus untuk mengatur kadar gula darah dan pembentukan hemoglobin. Dalam 100 gram pistachio juga mengandung lebih banyak potasium dari setengah pisang ukuran besar.

Pistachio juga kaya akan antioksidan. Selain itu, di antara jenis kacang lainnya, pistachio mengantung lutein dan zeaxanthin yang baik untuk kesehatan mata.

Hebatnya, kacang jenis lain juga memiliki banyak manfaat kesehatan tetapi tinggi kalori. Untungnya, pistachio termasuk jenis kacang berkalori rendah. Tak hanya itu, asam amino di dalam pistachio juga lebih tinggi dari kacang lainnya.

Rendahnya kalori membuat pistachio bisa membantu menurunkan berat badan. Sebab, pistachio merupakan makanan padat sumber energi tetapi tidak berdampak buruk terhadap berat badan.

Bagi penderita sakit jantung, pistachio juga dipercaya bisa menurunkan kolesterol darah. Kemudian, pistachio juga bagus dikonsumsi para penderita hipertensi karena mampu menurunkan tekanan darah.

Kandungan nutrisi lainnya, kacang yang dikenal dengan sebutan ‘kacang arab’ di Indonesia ini juga bisa membantu menurunkan gula darah. Meski kandungan karbohidratnya tinggi, pistachio mengandung indeks glikemik rendah.

Hal yang terpenting, rasa pistachio memang lezat. Kacang ini sangat menyenangkan untuk dimakan. Bahkan, tambahan pistachio pada salad, toping pizza, hingga es krim membuat makanan kian nikmat disantap.

Sumber: republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi