KELEBIHAN UBI JALAR MENGONTROL DIABETES

kelebihan-ubi-jalar-dalam-mengontrol-diabetesSalah satu penyakit menurun yang seringkali dikhawatirkan banyak orang adalah diabetes. Jika ada salah satu orang tua Anda yang menderita diabetes, maka terbuka kesempatan untuk Anda mengalaminya juga. Untuk itulah, mengapa banyak orang akhirnya mencari berbagai macam makanan dan minuman yang bisa dikonsumsi tanpa mempengaruhi kadar gula darah.

Salah satu makanan tersebut adalah ubi jalar. Ubi jalar ternyata mampu menyeimbangkan kadar gula darah pada penderita diabetes. Bagaimana bisa begitu, ini dia alasannya

1. Kandungan nutrisi

Ubi jalar mengandung pati atau tepung atau karbohidrat yang tinggi, serat, kalsium, magnesium, mangan, kalium, vitamin C, B dan B6 sehingga efektif meningkatkan metabolisme. Selain itu juga rendah kalori sehingga banyak direkomendasikan untuk diet sehat diabetes.

2. Indeks gula darah

Ubi jalar merupakan salah satu umbi yang dapat menjaga kadar glikemik darah dan memiliki kadar gula sekitar 44 indeks glikemik. Makanan dengan indeks glikemik dari bawah 55 dianggap ideal untuk pasien diabetes.

3. Serat

Ini kelebihan dari ubi jalar. Ubi jalar memiliki banyak serat sehat yang dapat melancarkan pencernaan. Dari sini juga kadar gula darah penderita diabetes dijaga. Serat yang cukup dapat memperlambat proses pencernaan pati yang berpengaruh besar pada penurunan kadar gula darah.

4. Caipo

Caipo merupakan ekstrak yang kebanyakan ditemukan dalam ubi jalar ungu. Jadi jika Anda ingin menurunkan atau menjaga kadar gula darah, maka mengonsumsi ubi jalar ungu lebih baik daripada ubi jalar yang biasa.

Anda cukup merebus ubi atau membakar beserta kulitnya dan dimakan saat pagi dan sore hari. Jika Anda suka, bisa juga dimakan beserta kulitnya setelah dicuci bersih, karena di dalam kulitnya juga banyak mengandung serat yang tinggi

Sumber: vemale.com

Tags :
Konfirmasi Donasi