KENALI GANGGUAN KESEHATAN MELALUI MATA

Sebuah pepatah mengatakan, mata adalah jendela jiwa. Mata memang dapat memberi tahu banyak hal tentang seseorang, bahkan bisa  menunjukkan kondisi kesehatan tubuh lainnya.

Melalui Boredpanda, berikut ini beberapa tanda masalah kesehatan yang bisa terlihat dari mata seseorang. Silakan cek, dan ketika sudah mengetahui tanda-tanda dan mengalami masalah serius, penangan oleh tenaga medis harus dilakukan.

Bintil Permanen

Benjolan atau bintil pada kelopak mata terkadang muncul secara tiba-tiba. Kondisi ini terjadi karena kelenjar sebaceous yang tersumbat dan biasanya hilang dalam beberapa hari.

Tapi, kondisi bintil ini mungkin berlanjut dan menyebabkan ketidaknyamanan yang serius. Ketika kondisi ini sering muncul atau bertahan lama, itu bisa menunjukan gejala karsinoma kelenjar sebaceous.

Coba perhatikan, apakah bintil itu bertahan lama dan sering muncul di tempat yang sama? Bila jawabannya ya, sudah saatnya untuk mengunjungi dokter.

Kehilangan Alis

Ada banyak alasan seseorang kehilangan alis, mulai dari penuaan, stres, atau kekurangan nutrisi. Alopecia areata atau kebotakan spot tertentu bisa menjadi alasan lain, meskipun masalah ini terjadi tidak lebih dari 0,1 persen populasi.

Alasan yang lebih masuk akal untuk kehilangan alis adalah hipotiroidisme atau kekurangan hormon tiroid akut. Dalam kasus ekstrim dapat menyebabkan kerontokan rambut pula. Ketika rambut dan alis terus menipis, lebih baik mengunjungi dokter dan memeriksa keadaan kelenjar tiroid.

Pandangan Kabur

Banyak dari masyarakat yang menghabiskan berjam-jam di depan komputer baik di rumah atau di tempat kerja. Kebiasaan ini menyebabkan mata terbakar atau penglihatan kabur.

Kondisi itu sering terjadi, sehingga ada istilah khusus dalam praktik medis yang menggambarkan masalah penglihatan yang berhubungan dengan komputer, ponsel, atau penggunaan e-book yang berkepanjangan. Istilah tersebut adalah “ketegangan mata digital” atau “sindrom mata kering.”

Titik Buta

Hal yang cukup mengerikan ketika terdapat titik atau area buta pada mata. Ini mungkin cukup sering terjadi, dan bisa menunjukkan migrain, terutama jika gambar yang didapatkan disertai dengan titik-titik berkilau atau garis bergelombang. Biasanya, titik buta bersamaan dengan sakit kepala.

Mata Bengkak

Terkadang mata terasa bengkak atau penuh, membuat penglihatan sedikit tidak nyaman. Menggosok dan berkedip beberapa kali sering kali membuat kondisi mata menjadi lebih baik.

Saat masalah tersebut sering terjadi, dan merasa mata benar-benar berisi, itu bisa menjadi gejala penyakit mata tiroid, karena kondisi tiroid yang terlalu aktif. Kesulitan menutup mata pun adalah satu gejala yang bisa membuat mata tampak menonjol dan terjadi pada 30 persen kasus.

Putih Kekuningan

Ketika menatap cermin, wajah merupakan bagian tubuh yang tidak akan terabaikan untuk dilihat. Ketika ada masalah bagian putih mata mulai kekuningan, seharusnya bisa dikenali dengan cepat.

Baik orang dewasa dan bayi baru lahir dengan fungsi hati yang tidak berkembang dapat menghadapi penyakit kuning ini. Kondisi itu juga dapat dihubungkan dengan keadaan kantong empedu atau saluran empedu.

Visi Kabur Penderita Diabetes

Penderita diabetes harus memberikan perhatian khusus pada kesehatan tubuh dan penglihatan. Salah satu masalah penglihatan yang bisa terjadi adalah retinopati diabetik.

Kondisi itu merupakan keadaan yang disebabkan oleh kerusakan pembuluh darah di jaringan retina fotosensitif. Ini mungkin menjadi alasan penglihatan menjadi lebih kabur.

Penglihatan Terganggu atau Berawan

Setiap perubahan penglihatan adalah bel yang membutuhkan tanggapan secara cepat. Merasa penglihatan tiba-tiba terganggu, mendung, atau bahkan menghilang sejenak, segera dapatkan bantuan medis karena gejala-gejala ini seringkali merupakan tanda-tanda awal stroke.

sumber: republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi